span 1 span 2 span 2

Ekonomi

Pialang Saham

Deskripsi

Peran pialang saham adalah untuk mengelola dan menjaga investasi klien mereka. Biasanya mereka menawarkan tiga jenis layanan, yaitu advisory (menawarkan saran untuk membuat investasi dalam bentuk saham), execution (membeli atau menjual saham atas permintaan klien), dan discretionary (pialang saham diberikan kontrol penuh atas semua pembuatan keputusan investasi oleh klien). Seorang pialang saham harus memiliki pengetahuan mengenai pasar saham, pintar untuk melihat kemungkinan-kemungkinan yang menguntungkan, bertindak cepat dan tepat untuk mengambil keputusan, serta mempunyai kemampuan komunikasi yang baik. Walaupun seorang pialang saham merupakan pekerjaan yang bertanggung jawab tinggi dan memiliki jam kerja yang panjang, namun peluang untuk mendapatkan keuntungan finansial sangat besar.

Berbagai profesi terkait

  • Makelar Saham
  • Dealer Saham

Kisaran Pendapatan

Penghasilan yang didapat tergantung pada tingkat keberhasilan dan sistem komisi yang diberlakukan.


Kualifikasi

Gelar Sarjana Ekonomi, Administrasi dan Jurusan yang relevan; Sertifikasi WPPE, WPEE, WMI; Lisensi Otoritas Jasa Keuangan



Keahlian dibutuhkan

Pengetahuan mengenai pasar saham tentu menjadi pengetahuan utama yang wajib dikuasai seorang pialang saham. Pialang saham wajib mengetahui mekanisme pembelian dan penjualan saham, serta waktu dan saat yang tempat untuk bertransaksi. Hal ini diperlukan karena profesi ini harus mendapat kepercayaan dari klien untuk menjaga dan mengelola investasi mereka.  Demi menjaga kepercayaan dari klien, seorang pialang saham perlu memiliki kemampuan komunikasi interpersonal yang baik agar klien merasa senang saat bekerja sama dengannya.

Kemampuan analisis yang baik juga mesti dikuasai seorang pialang saham agar ia dapat mengetahui transaksi seperti apa yang dapat menguntungkan kliennya. Oleh karena itu, pialang saham wajib membekali dirinya dengan memahami akuntansi dan keuangan. Sebab, transaksi yang potensial dapat dilihat dari sehat atau tidaknya keuangan perusahaan yang bersangkutan. Kemampuan hitung-hitungan pun perlu dikuasai untuk menghitung dan memperkirakan potensi dari setiap transaksi.

Seorang pialang saham yang sudah andal harus mampu bertindak cepat dan tepat untuk mengambil keputusan transaksi. Sebab, pasar saham yang fluktuatif membuat harga saham dapat naik dan turun dalam waktu singkat. Pada saat seperti itulah, pialang saham harus piawai dalam menimbang dan mengambil keputusan serta mampu bekerja di bawah tekanan. Keahlian lain yang perlu dimiliki pialang saham adalah strategi penjualan dan pemasaran, negosiasi, dan monitoring.



Instansi pekerjaan

  • Kantor saham
  • Perusahaan