span 1 span 2 span 2

Ekonomi

Peragawati/Peragawan

Deskripsi

Model atau peraga biasa ditampilkan dalam berbagai jenis media untuk mempromosikan produk atau jasa. Model memiliki tugas untuk mengiklankan produk melalui majalah, iklan televisi, ataupun sebuah acara fashion show. Seorang model biasanya mengiklankan produk dalam sebuah pemotretan dan berpose untuk memamerkan fitur pakaian dan produk lainnya. Model mengubah postur dan ekspresi wajah untuk menyampaikan pesan dan tampilan yang diinginkan klien.

Berbagai profesi terkait

  • Model
  • Peragawan
  • Peragawati
  • Fashion Model

Kisaran Pendapatan

Pendapatan Peragawati/Peragawan belum dapat dipastikan karena tergantung dari ketenaran dan banyaknya tawaran pekerjaan yang diambil. 


Kualifikasi

Tidak Memerlukan Kualifikasi Khusus.



Keahlian dibutuhkan

Seorang model mesti memiliki penampilan dan kepribadian yang menarik. Sebab, kedua hal itu meningkatkan daya tarik iklan, media, atau kegiatan yang ia bintangi dan peragakan. Tak Cuma penampilan menarik, seorang model pun mesti dapat mengubah postur dan ekspresi wajahnya sesuai dengan pose yang diminta. Oleh sebab itu, seorang model tidak hanya mengandalkan bakat yang dimilikinya tapi juga membutuhkan latihan yang cukup rutin.

Selain itu, seorang model juga wajib memiliki tubuh yang fit dan ideal. Tak hanya itu, tubuh yang dimiliki seorang model juga harus lentur, stabil, dan seimbang. Sebab, ia seringkali diminta untuk memeragakan pose-pose yang cukup sulit untuk dilakukan. Seorang model juga harus memiliki stamina dan daya tahan tubuh yang kuat karena kegiatan-kegiatan yang ia lakukan dapat terbilang cukup melelahkan.

Seorang model sebaiknya tidak hanya bermodalkan tubuh yang dimilikinya. Ia juga perlu mempunyai kreativitas agar pose-pose yang ditampilkan dapat memiliki keunikan dan menarik perhatian masyarakat. Di luar hal-hal teknis di atas, profesi ini dituntut pula untuk memiliki manajemen waktu yang baik. Sebab, jadwal kegiatan seorang model biasanya cukup padat. Selain itu, ia pun wajib memiliki kemampuan berkoordinasi karena kegiatannya banyak melibatan orang lain.



Instansi pekerjaan

  • Agensi model
  • Media