span 1 span 2 span 2

Ekonomi

Pengawas Bangunan

Deskripsi

Seorang pengawas bangunan memiliki tanggung jawab untuk memeriksa struktur sebuah bangunan. Mereka menggunakan kemampuan teknik untuk memeriksa kualitas struktur dan memastikan kesesuaiannya dengan spesifikasi bangunan. Pemeriksaan bisa bersifat pemeriksaan secara keseluruhan ataupun terbatas pada daerah yang spesifik saja, seperti sistem elektrik atau sistem saluran air. Tugasnya ini dilakukan sebagai fungsi supervisi maupun dalam rangka preventif terhadap berbagai kemungkinan buruk yang bisa terjadi bila terdapat kesalahan pada bangunan.

Berbagai profesi terkait

  • Teknisi Penguji Material Konstruksi
  • Pengawas Konstruksi
  • Pengawas Bangunan Gabungan
  • Petugas Bangunan
  • Teknisi Inspeksi Bangunan
  • Administrasi Kode Bangunan
  • Pengawas Konstruksi dan Bangunan

Kisaran Pendapatan

Gaji Pengawas Bangunan berkisar mulai dari Rp3.300.000 hingga Rp5.200.000 per bulan atau lebih sesuai dengan perusahaan tempat bekerja, kompetensi, dan pengalaman yang dimiliki.


Kualifikasi

Gelar Sarjana Teknik Sipil, Teknik Arsitektur, dan Jurusan Lain yang Sesuai.



Keahlian dibutuhkan

Seorang pengawas bangunan wajib mempunyai pengetahuan dan keahlian di bidang pembangunan dan konstruksi yang amat baik. Hal ini ia perlukan untuk memeriksa kualitas struktur bangunan dan memastikan kesesuaiannya dengan spesifikasi bangunan. Untuk itu, kemampuan matematika amat penting untuk dikuasai oleh seorang pengawas bangunan agar ia dapat membuat perrhitungan struktur bangunan secara tepat. Tak ketinggalan, profesi ini juga mesti mempunyai pengetahuan yang baik di bidang rekayasa dan teknologi.

Seorang pengawas bangunan juga dituntut untuk kritis serta memiliki kemampuan analisis yang baik supaya ia dapat menemukan solusi yang tepat apabila terjadi sebuah masalah. Ia pun mesti mampu menyelesaikan masalah tersebut secara cepat. Oleh karena itu, ia juga harus dapat bekerja di bawah tekanan. Selain itu, profesi ini juga mesti mempunyai sensitivitas masalah agar dapat mengidentifikasi dan mengantisipasi masalah yang dapat muncul.

Selain itu, seorang pengawas bangunan juga harus mempunyai kemampuan monitoring yang baik untuk memastikan bahwa struktur bangunan atau sistem yang ada di dalamnya berjalan dengan baik. Pengetahuan di bidang hukum dan pemerintahan juga perlu dikuasai supaya dapat mengetahui aturan dan prosedur yang wajib ditaati dalam sebuah proyek bangunan. Kemampuan lain yang mesti dimiliki seorang pengawas bangunan adalah layanan pelanggan dan personal, Bahasa Inggris, penalaran deduktif dan induktif, serta pemahaman lisan dan tulis.



Instansi pekerjaan

  • Pembangunan
  • Perusahaan konstraktor