span 1 span 2 span 2

Ekonomi

Operational Research

Deskripsi

Peneliti operasional merupakan pekerjaan yang terlibat dalam semua aspek dari suatu perusahaan. Mereka membantu manajer memutuskan bagaimana mengalokasikan sumber daya, mengembangkan jadwal produksi, mengelola rantai pasokan, dan menetapkan harga. Peneliti operasional menggunakan metode matematika lanjutan untuk membantu perusahaan memecahkan masalah-masalah tersebut. Karena itu, peneliti operasional penting memiliki kemampuan analisis menggunakan matematika yang sangat kuat. Profesi ini memiliki lapangan kerja yang luas dikarenakan setiap perusahaan butuh seorang peneliti operasional.

Berbagai profesi terkait

  • Penyiasat Analitis
  • Analitik Bisnis
  • Manajer Analitik dan Wawasan Bisnis
  • Manajer Riset Pengerjaan

Kisaran Pendapatan

Gaji Peneliti Operasional berada pada kisaran Rp4.000.000 hingga Rp7.000.000/bulan tergantung lokasi dan perusahaan tempat bekerja.


Kualifikasi

Gelar Sarjana Ekonomi, MIPA, Teknik; Sertifikat Asosiasi Riset Operasi Indonesia.



Keahlian dibutuhkan

Agar dapat memecahkan masalah-masalah yang dihadapi, seorang peneliti operasional akan melakukan sebuah penelitian agar menemukan solusi yang paling tepat. Untuk itu, kemampuan analisis menjadi keahlian yang wajib dikuasai oleh profesi ini. Kemampuan analisis ini perlu ditunjang oleh keahlian matematika serta pola pikir yang kritis agar hasil peneltian dapat dimanfaatkan dengan baik. Keterampilan penyelesaian masalah pun penting untuk dimiliki profesi ini.

Sebagai profesi yang berperan vital dalam kegiatan operasional sebuah perusahaan, seorang peneliti operasional tentu harus menguasai dasar manajemen dan administrasi dalam perusahaan tersebut. Setidaknya ia harus memahami proses produksi sebuah perusahaan karena bertanggung jawab mulai dari tahap produksi, distribusi, hingga penetapan harga. Maka dari itu, seorang peneliti operasional juga perlu memahami teknik dan teknologi.

Selain itu, profesi tersebut juga harus memahami sistem evaluasi dan kegiatan monitoring karena ia bertugas dalam mengevaluasi segala proses dalam sebuah perusahaan. Pengetahuan lain yang perlu dikuasai oleh seorang peneliti operasional adalah ekonomi dan akuntansi, manajemen waktu, koordinasi, serta kemampuan berbahasa Inggris.



Instansi pekerjaan

  • Industrial
  • Perusahaan