span 1 span 2 span 2

Ekonomi

Master Of Ceremonial

Deskripsi

Pembawa acara memiliki tugas utama untuk memperkenalkan pengisi acara dengan cara yang membuat mereka merasa nyaman, mengumumkan agenda acara, serta mengenali sponsor dari acara tersebut. Mereka juga harus mampu memastikan transisi yang mulus antara bagian dari program dan menjaga ritme acara agar sesuai dengan rundown acara. Pembawa acara harus dapat menciptakan suasana yang menarik audiens untuk menikmati acara. Sebagian pembawa acara melakukannya dengan menyediakan beberapa humor selama transisi acara atau memberikan deskripsi singkat dari setiap agenda acara.

Berbagai profesi terkait

  • Pembawa Acara
  • Pemandu Acara
  • MC
  • Presenter
  • Host

Kisaran Pendapatan

Gaji Master Of Ceremonial berkisar Rp1.000.000 hingga Rp8.900.000, namun gaji rata rata Master Of Ceremonial adalah Rp3.900.000 tergantung pada UMK / UMP di masing-masing daerah.


Kualifikasi

Gelar Sarjana Semua Jurusan.



Keahlian dibutuhkan

Banyak orang mengira seorang Master of Ceremony (MC) adalah orang yang hanya pandai berbicara. Pernyataan itu ada benarnya meski tidak sepenuhnya benar. Seorang MC memang membutuhkan kemampuan berbicara yang baik agar ucapannya dapat terdengar jelas oleh para audiens. Namun, masih ada berbagai kemampuan yang perlu dikuasai seorang MC selain kehlian berbicara di depan umum.

Kreativitas tinggi dan wawasan yang luas merupakan kemampuan yang wajib dimiliki oleh seorang MC. MC yang memiliki kedua hal ini akan mudah menemukan bahan pembicaraan. Hal ini akan berguna ketika MC harus melakukan improvisasi apabila ada hambatan teknis yang memaksanya berbicara lebih lama dari seharusnya. Ketika ada hambatan teknis, seorang MC dituntut untuk tanggap dan bereaksi cepat agar audiens tidak merasa bosan.

Seorang MC juga harus pandai menyesuaikan diri dengan acara yang mempekerjakannya, baik dari jenis kegiatannya dan latar belakang audiensnya. Ia harus tahu bahwa pembawaan MC pernikahan, MC ulang tahun, dan MC konser musik tentu berbeda-beda. Oleh karena itu, ia wajib rajin berkoordinasi dengan penyelenggara acara yang mempekerjakannya.  Selain itu, seorang MC juga perlu membekali dirinya dengan keahlian berbicara dalam berbagai bahasa. Hal ini akan membuka peluangnya untuk mendapat pekerjaan yang lebih luas.



Instansi pekerjaan

  • Media massa