span 1 span 2 span 2

Ekonomi

Manufacturing Engineer

Deskripsi

Seorang manufacturing engineer memiliki tugas untuk mempersiapkan, menguji, dan menyesuaikan mesin atau peralatan manufaktur. Profesi ini harus dapat bekerja menggunakan kombinasi listrik, elektronik, mekanik, teknologi hidrolik, pneumatil, atau teknologi komputer. Oleh karena itu, sebagai seorang manufacturing engineer harus memiliki pengetahuan mengenai rekayasa teknologi.

Berbagai profesi terkait

  • Teknisi Produksi Manufaktur
  • Research and Development Machinist

Kisaran Pendapatan

Gaji Manufacturing Engineer berkisar mulai dari Rp3.000.000 hingga Rp5.000.000 per bulan atau lebih sesuai dengan perusahaan tempat bekerja, kompetensi, dan pengalaman yang dimiliki.


Kualifikasi

Gelar Sarjana Teknik Industri dan Jurusan Lain yang Relevan; Sertifikasi Persatuain Insinyur Indonesia (PII).



Keahlian dibutuhkan

Pengetahuan di bidang rekayasa teknologi wajib dikuasai oleh seorang manufacturing engineer. Sebab, ia harus mengombinasikan berbagai perangkat teknologi, seperti listrik, mekanik, dan teknologi komputer, untuk mempersiapkan dan menguji sebuah mesin atau peralatan manufaktur. Selain itu, ia pun mesti menguasai penggunaan komputer karena pekerjaannya banyak mengandalkan komputer dan sistem program komputer. Profesi ini pun dituntut untuk menguasai keahlian matematika karena pekerjaannya membutuhkan perhitungan yang amat matang.

Sebagai sosok yang pekerjaannya berkaitan erat dengan peralatan manufaktur, seorang manufacturing engineer mesti memiliki pengetahuan di bidang sistem produksi dan prosedur teknis. Ia pun perlu memilki kemampuan dalam monitoring operasi supaya dapat mengawasi dan mengui kinerja mesin atau peralatan manufaktur. Kemampuan ini juga diperlukan agar ia dapat memprediksi dan mengantisipasi masalah yang mungkin terjadi. Selain itu, seorang manufacturing engineer juga harus mengedepankan keselamatan dan keamanan publik dalam melakukan pekerjaannya.

Di luar itu, seorang manufacturing engineer juga harus mempunyai kemampuan analisis dan penyelesaian masalah kompleks serta menganalisis supaya dapat memperoleh solusi yang tepat apabila terjadi sebuah masalah. Keahlian dan pengetahuan di bidang adminsitrasi dan manajemen pun wajib dimiliki profesi ini agar mampu mengelola dan mengorganisir pekerjaannya dengan baik. Kemampuan lain yang perlu dia miliki adalah presisi kontrol, ketangkasan manual, serta detail dan selektif.



Instansi pekerjaan

  • Pabrik