span 1 span 2 span 2

Ekonomi

Logistics and Distribution Manager

Deskripsi

Manajer logistik dan distribusi memiliki tanggung jawab untuk mengatur penyimpanan dan distribusi suatu produk. Tanggung jawab tersebut akan memastikan bahwa produk yang tepat dikirim ke lokasi tepat waktu dengan biaya yang menguntungkan. Biasanya pekerjaan manajer logistik dan distribusi berhubungan dengan transportasi, kontrol persediaan, pergudangan, dan pemantauan arus keluar masuk barang. Keahlian yang harus dipunyai oleh manajer logistik dan distribusi berkutat pada kemampuan manajemen waktu yang baik serta menguasai pencatatan barang dengan komputer. Banyak perusahaan menganggap bahwa manajer logistik dan distribusi sangat penting dalam menyalurkan produk kepada para konsumen. Oleh karena itu, banyak perusahaan yang membutuhkan seorang manajer logistik dan distribusi.

Berbagai profesi terkait

  • Manajer Gudang
  • Supervisor Toko
  • Supervisor Pengiriman
  • Manager Pengiriman
  • Load Out Supervisor
  • Distribusi Manajer Operasi
  • Manajer Distribusi
  • Customer Service Manager
  • Cold Storage Supervisor

Kisaran Pendapatan

Gaji Manajer logistik dan distribusi berkisar mulai dari Rp9.500.000 hingga Rp16.00.000/bulan atau lebih sesuai dengan perusahaan tempat bekerja, kompetensi, dan pengalaman yang dimiliki.


Kualifikasi

Gelar Sarjana Ekonomi, Manajemen, dan Jurusan Lain yang Relevan.



Keahlian dibutuhkan

Secara umum, keahlian yang diperlukan untuk menjadi seorang manajer logistik dan distribusi cukup memiliki manajemen waktu yang baik serta menguasai pencatatan barang dengan komputer. Kemampuan manajemen waktu ini krusial karena profesi ini harus memastikan penyimpanan dan pengiriman barang berjalan efisien. Tak cuma manajemen waktu, seorang manajer logistik dan distribusi juga harus mampu mengelola sumber daya yang dimiliki agar pembagian beban kerja dapat dibuat secara efektif dan efisien.

Selain itu, ia pun harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik untuk berkoordinasi dalam memastikan pengelolaan logistik sesuai dengan rencana. Profesi ini juga dituntut memiliki sensitivitas masalah serta pola pikir kritis karena proses penyimpinan dan pengiriman barang akan memiliki banyak hambatan, baik dari segi waktu, biaya, dan penurunan kualitas barang tersebut. Seorang manajer logistik dan distribusi sebaiknya juga mempunyai mobilitas yang tinggi serta mampu melakukan monitoring pada proses distribusi.

Dalam merencanakan penyimpanan dan pengiriman logistik, keahlian matematika akan dibutuhkan seorang manajer logistik dan distribusi untuk memprediksi waktu dan biaya pengiriman dan penyimpanan barang, serta pengaruh dua hal tersebut terhadap kualitas barang. Sebagai pimpinan, seorang manajer logistik dan distribusi harus dapat memberikan instruksi yang jelas kepada anak buahnya. Oleh sebab itu, pemahaman berkomunikasi lewat lisan dan tulisan penting bagi profesi ini.



Instansi pekerjaan

  • Perusahaan
  • Wirausaha