span 1 span 2 span 2

Ekonomi

IT Manager

Deskripsi

Manajer IT memiliki tanggung jawab untuk merencanakan, memulai, dan mengelola proyek teknologi informasi. Tugas seorang manajer IT harus dapat memimpin dan mengarahkan para pegawai teknis dibawahnya untuk meningkatkan produktivitas perusahaannya melalui aspek teknologi informasi. Aspek tersebut berupa pemeliharaan aset perangkat keras, perangkat lunak, jaringan komputer, serta basis data yang dimiliki perusahaan. Oleh karena itu, seorang manajer IT harus memiliki pengetahuan mengenai pengelolaan teknologi dan informasi serta kemampuan kepemimpinan yang kuat.

Berbagai profesi terkait

  • Manajer Program Transisi
  • Manajer Proyek IT
  • Manajer Program

Kisaran Pendapatan

Gaji IT Manager berkisar Rp2.300.000 hingga Rp16.700.000, namun gaji rata rata IT Manager adalah Rp7.850.000 tergantung pada UMK / UMP di masing-masing daerah.


Kualifikasi

Gelar Sarjana Komputer, Teknik Komputer, Teknik Informatika, dan Jurusan Lain yang Relevan; Sertifikasi Lembaga Sertifikasi Profesi Telematika; Sertifikasi Project Management Profesional (PMP).



Keahlian dibutuhkan

Sesuai dengan namanya, seorang manajer IT tentu harus memiliki pengetahuan yang mumpuni di bidang perkomputeran dan teknologi informasi. Sebab, ia merupakan sosok yang bertanggung jawab untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengelola proyek teknologi informasi dalam sebuah perusahaan. Namun, posisi manajer yang disandangnya membuat ia tidak harus turun tangan langsung dalam mengatasi masalah IT di tempatnya bekerja.

Sebagai seorang manajer, ia harus menjadi pemimpin yang baik bagi anak buahnya. Oleh sebab itu, kemampuan  koordinasi dan memberikan instruksi wajib ia miliki supaya anak buahnya dapat bekerja sesuai dengan rencana yang telah dibuat. Selain itu, ia juga perlu memiliki kemampuan monitoring  yang baik supaya dapat mengawasi dan mengevaluasi kinerja anak buahnya. Tak ketinggalan, pemahaman mengenai sistem administrasi dan manajemen juga diperlukan dalam mengelola dan mengorganisir pekerjaannya.

Di luar perannya sebagai pemimpin, seorang manajer IT harus kritis dan memiliki kemampuan analisis yang kuat untuk mencari solusi dari sebuah masalah terkait teknologi informasi yang muncul di tempatnya bekerja. Selain itu, ia juga perlu memiliki sensitivitas masalah agar ia dapat mencegah dan mengantisipasi masalah tersebut. Kemampuan lain yang perlu dimiliki seorang manajer IT adalah layanan pelanggan dan personal, Bahasa Inggris, matematika, serta pemahaman lisan dan tulis.



Instansi pekerjaan

  • Perusahaan
  • Agency
  • Media massa
  • Web developer