span 1 span 2 span 2

Ekonomi

Insurance Agent

Deskripsi

Agen asuransi bekerja membantu perusahaan asuransi menghasilkan bisnis baru dengan menghubungi pelanggan potensial dan menjual satu atau lebih produk asuransi. Seorang agen asuransi harus dapat menjelaskan berbagai produk asuransi kepada klien secara jelas dan memberikan produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan klien. Sehingga seorang agen asuransi harus memiliki kemampuan menganalisis karakteristik klien, kemampuan komunikasi yang efektif dengan klien, serta kepercayaan diri yang tinggi. Agen asuransi merupakan pekerjaan yang fleksibel akan waktu. Apabila kalian ingin bekerja tanpa dikekang oleh waktu dan memiliki kemampuan komunikasi yang baik, maka bekerja lah sebagai seorang  agen asuransi.

Berbagai profesi terkait

  • Agen
  • Agen Asuransi
  • Agen Penjualan Asuransi
  • Makelar Asuransi
  • Perwakilan Penjualan Tanggungan

Kisaran Pendapatan

Gaji seorang karyawan Agen Asuransi untuk basic allowance atau gaji pokok per bulannya berada pada rentang Rp2.500.000 hingga Rp4.500.000/bulan. Selain gaji pokok, seorang Agen Asuransi akan mendapatkan komisi dari setiap nasabah yang berhasil diajak untuk bergabung sekitar 10% hingga 20% dari harga polis yang dijual.


Kualifikasi

Gelar Sarjana; Sertifikat Keagenan oleh Asosiasi Asuransi.



Keahlian dibutuhkan

Dalam melakukan pekerjaannya, agen asuransi harus terampil dalam menggaet klien baru dari produk asuransi yang ditawarkan. Oleh karena itu, teknik persuasi yang baik wajib dimiliki oleh seorang agen asuransi. Teknik persuasi yang baik biasanya dimulai dengan kemampuan berkomunikasi yang baik, dalam kasus ini agen asuransi harus bisa menjelaskan manfaat produk asuransi yang ditawarkan secara sederhana dan dengan cara yang membuat klien tertarik. Untuk itu, ia harus bertutur kata dengan sopan dan tidak terkesan memaksa agar tidak membuat risih klien.

Untuk mengetahui cara berkomunikasi yang tepat, seorang agen asuransi harus mampu membaca karakteristik klien yang dituju. Ia juga harus mempunyai kepercayaan diri yang tinggi saat bertemu dengan orang asing agar proses negosiasi dan persuasi dapat berjalan lancar. Proses negosiasi dan persuasi juga harus dijalankan secara efisien karena klien biasanya tidak memiliki banyak waktu untuk menanggapi agen asuransi.

Di luar itu, ia harus mengerti dasar-dasar ilmu ekonomi dan akuntansi untuk memahami produk asuransi yang ditawarkan. Pengetahuan mengenai strategi penjualan dan pemasaran juga diperlukan agar agen asuransi dapat mudah menemukan klien potensial sehingga meringankan beban kerjanya. Keahlian berbahasa Inggris juga perlu dimiliki karena ada kalanya agen asuransi memiliki klien yang berasal dari luar negeri.



Instansi pekerjaan

  • Perusahaan asuransi