span 1 span 2 span 2

Ekonomi

Insinyur Logistik

Deskripsi

Seorang logistic insinyur bertugas dalam mengarahkan dan mengkoordinasikan aktivitas program yang dirancang untuk memberikan subkonstraktor, manajemen, dan pelanggan dengan logistik teknologi yang memastikan efektif dan ekonomis serta untuk manufaktur atau servis produk, sistem, atau peratalan. Kemampuan yang harus dimiliki yakni ketekunan dalam menjalankan pekerjaan, teliti, kritis, dan dapat menganalisis situasi.

Berbagai profesi terkait

  • Logistic Engineer
  • Logistic Analyst

Kisaran Pendapatan

Pendapatan untuk profesi ini tidak dapat dipastikan.


Kualifikasi

Gelar Sarjana Ekonomi, Manajemen, dan Jurusan Lain yang Relevan.



Keahlian dibutuhkan

Kemampuan analisis merupakan modal penting bagi seorang insinyur logistik. Sebab, ia harus mampu merancang sistem yang digunakan dalam mendistribusikan barang. Untuk menemukan sistem itu, kemampuan analisis akan sangat bermanfaat untuk dikuasai. Dalam menganalisis, seorang insinyur logistik wajib membekali dirinya dengan keahlian hitung-menghitung karena analisis selalu dilakukan dengan berbagai perhitungan.

Kemampuan matematika juga diperlukan supaya sistem yang diberlakukan dapat meningkatkan efisiensi pengiriman barang dan menghasilkan keuntungan yang lebih tinggi bagi perusahaan. Selain pemikiran yang analitis, seorang inventory control manager pun harus memiliki pola pikir yang logis serta dapat menyelesaikan masalah secara cepat dan tepat. Sebab, proses distribusi barang memiliki banyak hambatan yang dapat muncul, misalnya dari segi biaya dan waktu.

Agar dapat mengantisipasi hambatan tersebut, seorang insinyur logistik harus kritis dan memiliki sensitivitas masalah. Selain itu, ia juga wajib memilki kemampuan monitoring dan koordinasi untuk memastikan proses distribusi berjalan lancar. Strategi penjualan dan pemasaran dibutuhkan pula oleh seorang insinyur logisitik. Sebab, proses distribusi barang dapat dipengaruhi oleh strategi pemasaran dari penjual barang tersebut.

Profesi tersebut juga dituntut memahami administrasi dan manajemen dalam merencanakan, mengelola, dan mengevaluasi proses distribusi barang. Kemampuan lain yang diperlukan seorang insinyur logistik adalah pengelolaan sumber daya manusia serta pemahaman lisan dan tulis yang baik.



Instansi pekerjaan

  • Perusahaan