span 1 span 2 span 2

Ekonomi

Export/Import Manager

Deskripsi

Seorang export/import manager memiliki tanggung jawab untuk mengelola proses impor dan ekspor berdasarkan peraturan negara asal kliennya. Mereka biasanya bertugas mengawasi penyelesaian dokumen transaksi moneter yang terkait dengan distribusi internasional secara tepat waktu. Mereka juga harus menangani permasalahan kliennya dengan petugas bea cukai. Profesi ini harus menguasai regulasi-regulasi mengenai tarif biaya ekspor dan impor dari setiap negara di dunia.

Berbagai profesi terkait

  • Export Manager
  • Import Manager

Kisaran Pendapatan

Gaji Exportir dan Importir untuk posisi staf berkisar mulai dari Rp3.200.000 hingga Rp5.000.000 tergantung dengan lokasi dan perusahaan tempat bekerja. Pada level Supervisor atau Coordinator, gaji dikisaran Rp5.500.000 hingga lebih dari Rp8.150.000/bulan. Sementara itu untuk level Manager atau Assistant Manager gaji bisa berada pada kisaran Rp8.500.000 sampai dengan Rp12.500.000 atau lebih.


Kualifikasi

Gelar Sarjana Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, Administrasi Fiskal, dan Jurusan Lain yang Relevan.



Keahlian dibutuhkan

Kegiatan ekspor-impor yang melibatkan dua negara atau lebih membuat seorang export-import manager wajib memahami aturan hukum dari tiap negara yang bersangkutan. Aturan hukum yang wajib dimengerti antara lain yang mengatur perpajakan dan bea cukai. Selain menguasai aturan hukum, seorang export-import manager juga wajib mengetahui tata cara administratif dalam melakukan kegiatan ekspor-impor.

Dalam kegiatan ekspor-impor, hambatan berupa ketidaklengkapan administrasi atau masalah hukum biasa terjadi. Hambatan seperti ini biasanya dapat mengganggu proses distribusi barang. Oleh karena itu, seorang export-import manager harus mampu menyelesaikan masalah kompleks seperti itu. Salah satunya adalah dengan bernegosiasi, baik dengan pegawai pelabuhan atau pihak lain yang melakukan ekspor-impor.

Seorang export-import manager juga harus berani mengambil keputusan apabila terjadi masalah seperti di atas. Sementara itu, untuk mencegah masalah serupa diperlukan koordinasi yang sangat baik antara kedua pihak yang melalukan ekspor-impor.  Profesi ini juga harus memiliki kemampuan monitoring yang baik serta sensitivitas masalah untuk memastikan kegiatan ekspor-impor berjalan sesuai rencana.

Sebagai sosok yang berinteraksi dengan orang-orang dari berbagai negara, kemampuan berbahasa Inggris tentu menjadi kewajiban bagi seorang export-import manager. Kemampuan tersebut akan lebih baik bila ditunjang kemampuan berkomunikasi dalam bentuk lisan maupun tulisan.

Kemampuan lain yang diperlukan seorang export-import manager adalah matematika, mobilitas tinggi, kritis, dan persuasif. Ia juga harus cakap dalam mengelola personil dan sumber daya yang dimiliki.



Instansi pekerjaan

  • Perusahaan barang
  • Pemerintahaan