span 1 span 2 span 2

Ekonomi

Editor Tulisan

Deskripsi

Seseorang yang bekerja sebagai editor tulisan memiliki tanggung jawab untuk merencanakan, mengkoordinasikan, serta merevisi materi untuk publikasi dalam buku, koran, majalah, ataupun situs web. Seorang editor harus meninjau ulang ide tulisan dan memutuskan apakah bahan yang dituliskan menarik untuk sebagian besar pembaca. Menjadi seorang editor merupakan profesi impian bagi para orang perfeksionis dikarenakan ketelitian menjadi kunci dalam profesi ini.

Berbagai profesi terkait

  • Editor
  • Editor Berita
  • Redaktur
  • Redaktur Pelaksana

Kisaran Pendapatan

Gaji Editor Tulisan berkisar mulai dari Rp3.800.000 hingga Rp6.900.000 per bulan atau lebih sesuai dengan perusahaan tempat bekerja, kompetensi, dan pengalaman yang dimiliki.


Kualifikasi

Gelar Sarjana Komunikasi, Sastra Indonesia, dan Jurusan Lain yang Sesuai.



Keahlian dibutuhkan

Seorang editor tulisan tentu saja wajib menguasai kemampuan menulis yang amat baik. Kemampuan menulis yang ia perlu miliki antara lain yang berhubungan dengan ejaan, struktur kalimat, dan struktur paragraph. Selain memastikan tulisan yang dibuat telah diedit agar sesuai dengan kaidah penulisan, editor juga mengedit tulisan agar lebih menarik bagi pembaca. Oleh karena itu, kreativitas juga diperlukan seorang editor.

Dalam mengedit, seorang editor wajib kritis untuk menemukan bagian mana yang belum sempurna dan masih bisa dikembangkan agar lebih menarik. Selain kritis, profesi ini pun dituntut untuk mampu dan berani dalam mempertimbangkan dan mengambil keputusan terkait pekerjaannya. Selain itu, editor juga bertugas dalam memastikan tulisan yang dibuat berstatus orisinal alias bukan hasil plagiat.

Meski tugas yang diemban profesi ini erat dengan tulis menulis, kemampuan berkomunikasi lewat lisan juga tetap diperlukan. Hal ini akan berguna ketika seorang editor berkoordinasi dengan penulis mengenai isi tulisan. Ia juga wajib mengetahui karakteristik dari tiap media, mulai dari buku, koran, majalah, atau situs web. Sebab, setiap media akan memiliki gaya penulisannya masing-masing supaya menarik bagi pembacanya. Fasih dalam Bahasa Inggris pun menjadi nilai lebih bagi seorang editor karena tidak menutup kemungkinan ia ditugaskan untuk mengedit dan menerjemahkan tulisan dalam Bahasa Inggris.



Instansi pekerjaan

  • Penerbit buku
  • Media massa