span 1 span 2 span 2

Ekonomi

Database Administrator (Administrasi Data)

Deskripsi

Seorang database administrator memiliki tanggung jawab untuk merancang, melaksanakan, memelihara, dan memperbaiki database perusahaan. Peran administrator data dalam perusahaan meliputi pemasangan perangkat lunak baru, konfigurasi perangkat keras dan lunak dengan sistem administrator, serta  pengamanan administrasi, analisis data.

Berbagai profesi terkait

  • Manajer Administrasi Database
  • Administrator Database
  • Analis Database
  • Koordinator Database
  • Manajer Sistem Informasi

Kisaran Pendapatan

Gaji Database Administrator untuk level staf berkisar Rp 3.500.000 sampai dengan Rp 7.250.000 tergantung pada pengalaman, lama bekerja, serta reputasi perusahaan.


Kualifikasi

Gelar Sarjana Sistem Informasi, Ilmu Komputer, dan Jurusan Lain yang Relevan.



Keahlian dibutuhkan

Sesuai dengan namanya, seorang database administrator tentu wajib memiliki kemampuan administrasi yang baik. Hal ini amat ia perlukan karena profesi ini bertanggung jawab untuk merancang, memelihara, dan memperbaiki database perusahaan. Oleh karena itu, kemampuan administrasi dapat membantunya dalam mengelola dan mengorganisir pekerjaannya. Tak hanya keterampilan administratif, seorang database administrator juga harus menguasai penggunaan komputer untuk melakukan pekerjaannya.

Sebagai sosok yang berpernan penting bagi database perusahaan, seorang database administrator pun perlu memiliki kemampuan penyusunan informasi yang baik. Selain itu, ia juga harus mempunyai kemampuan monitoring yang baik karena ia pun bertugas dalam memelihara dan mengawasi database perusahaan. Dengan kemampuan tersebut, ia dapat mengetahui masalah dan hambatan yang dapat muncul. Untuk itu, sensitivitas masalah juga diperlukan agar mampu mengantisipasi masalah yang ada.

Selain itu, kemampuan komunikasi interpersonal juga dibutuhkan profesi ini karena ia akan berinteraksi dengan banyak orang dalam melakukan pekerjaannya. Pola pikir kritis dan kemampuan analisis diperlukan pula oleh seorang database administrator agar mengetahui kelebihan dan kekurangan sistem database yang dimiliki. Kemampuan lain yang diperlukan oleh profesi ini adalah penyelesaian masalah kompleks, matematika, serta penalaran deduktif dan induktif.



Instansi pekerjaan

  • Perusahaan
  • Startup