span 1 span 2 span 2

Ekonomi

Curriculum Developer

Deskripsi

Pengembang kurikulum memiliki tanggung jawab untuk mengamati proses belajar untuk membuat rekomendasi tentang perubahan yang dapat meningkatkan prestasi siswa. Seorang pengembang kurikulum juga memiliki tanggung jawab untuk menafsirkan pedoman negara dan membuat perubahan kurikulum sekolah untuk memastikan bahwa materi belajar siswa sesuai dengan standar negara dan perkembangan dunia pendidikan.

Berbagai profesi terkait

  • Wakil Kepala Sekolah Kurikulum
  • Tim Pengembang Kurikulum
  • Komite Pembuat Kurikulum

Kisaran Pendapatan

Gaji untuk profesi ini tidak dapat dipastikan.


Kualifikasi

Gelar Sarjana Pendidikan; Sertifikasi Guru.



Keahlian dibutuhkan

Seorang pengembang kurikulum tentu saja wajib menguasai ilmu dalam bidang pendidikan dan pelatihan. Sebab, ia bertugas untuk meningkatkan kualitas pendidikan dalam sebuah institusi pendidikan. Untuk itu, ia memiliki tanggung jawab dalam menyusun kurikulum serta mengadakan pelatihan-pelatihan bagi para guru supaya kualitas pendidikan pada institusi tersebut menjadi lebih baik.

Seorang pengembang kurikulum dituntut kritis dan memiliki sensitivitas masalah. Kedua hal ini ia perlukan agar kurikulum yang ia susun serta pelatihan yang ia buat dapat menjadi solusi terhadap masalah yang terjadi dalam sebuah institusi pendidikan. Selain itu, profesi ini juga harus mampu menyusun informasi secara ringkas serta memiliki kemampuan menulis dan berbicara yang baik. Sebab, ia harus dapat menafsirkan pedoman kurikulum yang dibuat negara ke dalam kurikulum sekolah secara sederhana dan mudah dimengerti.

Kemampuan berbahasa Inggris juga diperlukan seorang pengembang kurikulum karena ada beberapa institusi pendidikan yang menerapkan kurikulum berstandar internasional ke dalam kurikulum buatannya. Kemampuan lain yang perlu dimiliki profesi ini adalah administrasi dan manajemen, serta layanan pelanggan dan personal.



Instansi pekerjaan

  • Perguruan tinggi
  • Sekolah
  • Kementerian pendidikan dan kebudyaan
  • Kementerian riset, teknologi dan pendidikan tinggi