span 1 span 2 span 2

Ekonomi

Chemical Equipment Operators

Deskripsi

Seorang chemical equipment operator memiliki tanggung jawab untuk mengontrol perubahan atau reaksi kimia dalam proses industri atau produk konsumen. Profesi ini harus dapat mengoperasikan peralatan kimia seperti devulcanizers, steam-jacketed kettles, hingga reactor vessels. Selain itu, profesi ini harus menguasai pengetahuan mengenai rekayasa teknologi dan kimia.

Berbagai profesi terkait

  • Acetone Recovery Worker
  • Acetylene Plant Operator
  • Acid Bleacher
  • Acid Cleaner
  • Acid Concentrator

Kisaran Pendapatan

Gaji Chemical Equipment Operator berkisar mulai dari Rp4.800.000 hingga Rp6.600.000 per bulan atau lebih sesuai dengan perusahaan tempat bekerja, kompetensi, dan pengalaman yang dimiliki.


Kualifikasi

Gelar Sarjana Sains Kimia, Teknik Kimia, dan Jurusan Lain yang Relevan.



Keahlian dibutuhkan

Sesuai dengan namanya, seorang chemical equipment operator tentu harus mempunyai pengetahuan yang mumpuni di bidang kimia. Sebab, ia bertanggung jawab untuk mengontrol perubahan atau reaksi kimia dalam sebuah proses industry atau produksi konsumen. Selain itu, profesi ini pun mesti mampu menguasai penggunaan peralatan kimia supaya dapat mengamati alat ukur dan indicator lainnya untuk memastikan mesin berjalan dengan baik.

Tak hanya mengoperasikannya, seorang chemical equipment operator juga harus memiliki kemampuan monitoring yang baik supaya dapat menjaga kualitas dan performa alat-alat tersebut. Ia pun mesti mempunyai sensitivitas agar dapat mengidentifikasi dan mengantisipasi masalah-masalah yang dapat timbul. Profesi ini juga dituntut untuk mampu menyelesaikan masalah secara cepat dan tepat. Untuk itu, ia pun mesti piawai dalam mempertimbangkan dan mengambil keputusan.

Selain itu, seorang chemical equipment operator dituntut pula untuk memiliki kemampuan membaca yang baik agar bisa memahami dokumen-dokumen terkait pekerjaannya. Profesi ini juga wajib mempunyai perhatian terhadap hal-hal yang detail. Pengetahuan lain yang perlu dimiliki seorang chemical equipment operations adalah pengetahuan di bidang sains, matematika, serta rekayasa dan teknologi. Kemampuan lain yang perlu ia punyai antara lain Bahasa Inggris, perawatan peralatan, koordinasi, serta penalaran deduktif dan induktif.



Instansi pekerjaan

  • Perusahaan
  • Pemerintahan