span 1 span 2 span 2

Ekonomi

Business Consultant

Deskripsi

Sebagai konsultan bisnis, harus bisa mengerti pemasaran, sumber daya manusia dan akuntansi diperusahaan tersebut. Konsultan bisnis juga harus bisa membantu menilai kekurangan dan mengembangkan perushaaan tersebut dengan memberikan solusi terbaik.

Berbagai profesi terkait

  • Business Strategy Consultant
  • Management Consultant
  • Business and Development Consultant

Kisaran Pendapatan

Gaji Konsultan Bisnis di Jakarta berada pada kisaran Rp4.500.000 hingga Rp8.000.000/bulan atau lebih tergantung posisi, kompetensi, serta pengalaman yang dimiliki. Sementara untuk gaji di beberapa wilayah di luar Jakarta gaji seorang Konsultan Bisnis berkisar Rp2.900.000 sampai dengan Rp7.900.000/bulan.


Kualifikasi

Gelar Sarjana Ekonomi, Manajemen, Bisnis.



Keahlian dibutuhkan

Sebagai sosok yang bertugas memberi rekomendasi bisnis kepada kliennya, konsultan bsinis tentu wajib menguasai ilmu ekonomi dan bisnis. Kemampuan analisis dan pola pikir kritis juga harus dimiliki untuk mengetahui kondisi bisnis milik klien. Selain itu ia juga mesti mengetahui strategi penjualan dan pemasaran suapaya klien dapat mengetahui langkah seperti apa yang ia harus lakukan demi meningkatkan kesuksesan bisnis miliknya.

Tak memberikan solusi atau rekomendasi terhadap perkembangan bisnis klien, seorang konsultan bisnis juga harus senantiasa mengawasi kondisi bisnis milik klien, untuk ia harus memiliki kemampuan monitoring yang baik. Ia juga wajib memiliki sensitivitas agar dapat mengidentifikasi masalah yang dapat muncul pada unit bisnis milik klien. Apabila masalah itu muncul, maka seorang konsultan bisnis harus mampu menyelesaikan hal tersebut secara efektif dan efisien.

Selain hal teknis di atas, seorang konsultan bisnis juga perlu memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik dengan klien. Kemampuan ini penting dikuasai supaya ia dapat menyampaikan rekomendasi bisnis secara sederhana dan mudah dipahami, baik secara lisan maupun tulisan. Keahlian berbahasa Inggris juga perlu dikuasai karena profesi ini memiliki peluang untuk bekerja sama dengan orang-orang yang berasal dari latar belakang kebangsaan yang berbeda.



Instansi pekerjaan

  • Perusahaan
  • Agency business consultant