span 1 span 2 span 2

Ekonomi

Akuntan

Deskripsi

Profesi ini memiliki tanggung jawab yang sangat penting dalam bidang keuangan di setiap lembaga dan perusahaan. Tugas yang dilakukan adalah memberikan nasehat keuangan yang dibutuhkan pihak manajemen. Oleh karena itu, seorang yang mengambil profesi ini harus bisa memprediksi pengeluaran dan pemasukan di dalam neraca keuangan, memperhitungkan pajak yang akan dikeluarkan, mencatat pemasukan dan pengeluaran serta membuat laporan keuangan berkala untuk pihak manajemen. Jika kalian memiliki keahlian dan keterampilan dalam bidang keuangan, maka cobalah untuk menekuni profesi ini.

Berbagai profesi terkait

  • Staf Akuntan
  • Petugas Akuntan
  • Pengawas Akuntan
  • Manajer Akuntan
  • Analis Bisnis

Kisaran Pendapatan

Gaji profesi untuk seorang fresh graduate pada level Staf Akuntan berkisar Rp2.800.000 hingga lebih dari Rp5.000.000 tergantung lokasi, perusahaan, atau lembaga tempat bekerja. Gaji beranjak naik hingga lebih dari Rp10.000.000 sesuai dengan jabatan, kompetensi, serta pengalaman yang dimiliki. Untuk level Manajer hingga Senior Manajer, gaji bisa menyentuh angka Rp20.000.000 hingga lebih dari Rp30.000.000 di beberapa Kantor Akuntan Publik (KAP). Sementara untuk level CEO gaji bisa mencapai lebih dari Rp40.000.000 pada beberapa KAP ternama.


Kualifikasi

Gelar Sarjana Ekonomi Akuntansi; Sertifikat Ikatan Akuntan Indonesia (IAI); Izin Departemen Keuangan (Untuk Akuntan Publik).



Keahlian dibutuhkan

Keahlian dasar yang amat wajib dimiliki oleh seorang akuntan adalah ahli dalam hitung-menghitung alias matematika. Sebab, profesi ini selalu bergulat dengan angka dalam pekerjaannya. Apabila kamu bukan orang yang akrab dengan angka dan hitung-hitungan tapi masih ingin menjadi seorang akuntan, kamu bisa memulainya dengan mempelajari persamaan dasar akuntansi yang masih sederhana. Selain hitung-hitungan, ketelitian juga wajib dikuasai oleh akuntan. Sebab, kesalahan sekecil apa pun dalam proses kerja akuntansi akan memberikan hasil akhir yang tidak akurat.

Sebagai akuntan, kamu tentu harus menguasai ilmu akuntansi itu sendiri. Salah satu topik yang perlu kamu pahami adalah Standar Akuntansi Indonesia karena Standar Akuntansi Indonesia merupakan kerangka dalam menyusun laporan keuangan agar berbentuk seragam di seluruh Indonesia. Topik lain yang perlu dikuasai adalah masalah perpajakan karena salah satu output laporan keuangan adalah keuntungan yang harus disisihkan untuk pajak.

Meski pekerjaannya erat dengan hitung-menghitung, kemampuan menulis harus dikuasai pula oleh seorang akuntan. Kemampuan ini diperlukan agar seorang akuntan mampu menjelaskan laporan keuangan yang disusun ke dalam bentuk yang lebih sederhana dan mudah dimengerti. Selain itu, ia juga harus mampu menyusun informasi ke dalam bentuk yang lebih sederhana. Kemampuan lain yang diperlukan antara lain penyelesaian masalah, pola pikir kritis, serta Bahasa Inggris karena seorang akuntan yang andal biasa melayani klien dari berbagai negara.



Instansi pekerjaan

  • Perbankan
  • Perusahaan