span 1 span 2 span 2

Ekonomi

Aktivis LSM

Deskripsi

Tugas LSM secara umum adalah memberdayakan masyarakat untuk ikut serta dalam proses pengambilan keputusan, menjadi wadah yang menampung dan kemudian menyalurkan aspirasi masyarakat kepada lembaga pemerintahan, dan mengawasi jalannya pemerintahan dalam berbagai bidang. Oleh karena itu, sebagai seorang anggota LSM, diperlukan kredibilitas dan integritas yang tinggi karena harus bersikap independen terhadap lembaga negara. Selain itu, anggota LSM juga seharusnya memahami dan mengikuti perkembangan terkini terkait persoalan dan isu yang terkait dengan bidang yang digeluti oleh LSM itu sendiri.

Berbagai profesi terkait

  • Aktivis LSM
  • Pegawai LSM

Kisaran Pendapatan

Gaji aktivis LSM berada pada rentan kisaran Rp3.500.000 hingga lebih dari Rp10.000.000 tergantung posisi, kompetensi, serta LSM tempat bekerja.


Kualifikasi

Gelar Sarjana Semua Jurusan.



Keahlian dibutuhkan

Seorang aktivis Lembaga Swadaya Masyarakat wajib memiliki sensitivitas masalah dan kepekaan sosial yang tinggi. Kemampuan ini diperlukan supaya anggota LSM dapat memahami masalah yang sedang dihadapi oleh masyarakat. Pemahaman masalah ini penting bagi seorang anggota LSM agar ia dapat menemukan solusi yang paling tepat untuk menyelesaikan masalah tersebut. Dalam memetakan masalah, profesi ini perlu memahami ilmu sosiologi dan antropologi supaya mengetahui sistem sosial dan budaya yang berlaku pada masyarakat tersebut.

Pengetahuan hukum juga harus dipahami profesi ini untuk membantu masyarakat dalam menyelesaikan masalahnya. Misalnya, dalam mendampingi korban penggusuran, seorang akitivis LSM harus mengetahui pasal hukum mana yang dilanggar oleh penggusur guna membela kepentingan masyarakat. Untuk itu, seorang aktivis LSM juga dituntut untuk memiliki sikap kritis serta mampu melakukan penalaran deduktif dan induktif.

Dalam usahanya untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi masyarakat, kemampuan negosiasi dan persuasi juga dibutuhkan oleh seorang aktivis LSM. Sebab, ia seringkali harus berinteraksi dengan berbagai pihak seperti pemerintah, aparat keamanan, dan LSM lainnya guna menemukan solusi dari masalah yang ada. Selain itu, kemampuan berbicara dan menulis juga dibutuhkan oleh profesi ini ketika berinteraksi dengan pihak-pihak di atas.



Instansi pekerjaan

  • LSM