span 1 span 2 span 2

Ekonomi

Ahli Statistik

Deskripsi

Ahli statistik menggunakan metode statistik untuk mengumpulkan dan menganalisis data dan membantu memecahkan masalah-masalah bisnis. Seorang ahli statistik merancang penelitian bisnis dalam bentuk survey, kuesioner, eksperimen, ataupun jajak pendapat untuk mengumpulkan data-data bisnis yang dibutuhkan. Mereka juga dapat memberikan masukan kepada manajemen dari hasil penelitian-penelitian tersebut. Menjadi seorang ahli statistik harus memiliki kemampuan dalam metodologi kuantitatif, kemampuan analisis matematika yang kuat, dan dapat menggunakan SPSS. Ahli statistik sebenarnya dibutuhkan tidak hanya oleh perusahaan saja, namun dibutuhkan oleh lembaga pemerintah, media massa, dll.

Berbagai profesi terkait

  • Ahli Statistik
  • Analis Statistik
  • Ahli Statistik Senior
  • Spesialis Program Penelitian
  • Konsultan Statistik Psikometrik
  • Ahli Statistik Sumber Daya Manusia
  • Manajer Statistik
  • Asisten Kepala Divisi Program Manajemen Statistik

Kisaran Pendapatan

Gaji Pegawai Statistika untuk posisi staf di Badan Pusat Statistik berkisar Rp3.000.000 hingga Rp4.000.000. Pada posisi Kepala Seksi, gaji di atas Rp6.750.000/bulan. Sementara untuk lembaga pemerintahan atau perusahaan, gaji Pegawai Statistika berkisar Rp4.000.000 untuk level staf, dan beranjak naik hingga lebih dari Rp10.000.000 sesuai posisi, kompetensi, dan pengalaman kerja.


Kualifikasi

Gelar Sarjana Ekonomi, Matematika, Statistik, Administrasi, dan Jurusan Lain yang Relevan.



Keahlian dibutuhkan

Seperti namanya, profesi ahli statistik tentu wajib fasih dalam memahami metode statistika dan matematika. Apabila ia tidak menguasai hitung-hitungan maka ia akan sangat kesulitan dalam menjalani profesi ini. Namun, bukan hanya matematika dan statistik yang perlu dikuasai oleh seorang ahli statistik. Profesi ini juga dituntut memiliki literasi yang baik dalam mengoperasikan komputer. Sebab, saat ini komputer merupakan alat utama dalam mengolah data statistik.

Selain itu, seorang ahli statistik juga mesti memiliki kemampuan analisis yang tajam serta mampu melakukan penalaran dalam bentuk deduktif dan induktif. Hal ini diperlukan supaya ia dapat menarik kesimpulan dari penelitiannya secara tepat. Ia juga harus mampu menyusun informasi yang telah ia peroleh dengan baik agar dapat mudah dimengerti, baik oleh orang lain maupun dirinya sendiri.

Supaya seorang ahli statistik mampu menerjemahkan data-data statistik ke dalam bentuk yang lebih sederhana, ia perlu membekali diri dengan kemampuan komunikasi yang baik, secara lisan maupun tulisan. Kemampuan menulis akan sangat bermanfaat dalam penulisan laporan, sementara kemampuan berbicara akan berguna untuk mempresentasikan data-data statistik. Keahlian berbahasa Inggris juga menjadi nilai tambah bagi profesi ini agar dapat bekerja pada organisasi atau perusahaan internasional.



Instansi pekerjaan

  • Perusahaan
  • Pemerintahan
  • Badan Pusat Statistik