span 1 span 2 span 2

Ekonomi

Advertising Planner

Deskripsi

Perencana periklanan bertanggung jawab untuk menciptakan strategi komunikasi untuk kampanye iklan suatu produk ataupun jasa. Hal tersebut termasuk menargetkan audiens yang tepat serta mengatur intonasi nada dan pesan kampanye. Sebagai seorang perencana periklanan, mereka harus dapat menggabungkan data pemasaran, penelitian kualitatif, dan pengetahuan produk dalam deskripsi singkat untuk memungkinkan tim kreatif menghasilkan ide-ide inovatif yang akan dikampanyekan kepada para konsumen.

Berbagai profesi terkait

  • Perencana Iklan
  • Advertising Account Planner
  • Digital Advertising Planner
  • Digital Planner

Kisaran Pendapatan

Gaji seorang Perencana Periklanan berkisar antara Rp4.500.000 hingga Rp8.100.000 atau lebih sesuai dengan lokasi tempat bekerja, pengalaman, dan kemampuan. 


Kualifikasi

Gelar Sarjana Komunikasi, Public Relations, Marketing, Advertising, dan Jurusan Lain yang Relevan.



Keahlian dibutuhkan

Dalam merencanakan sebuah aktivitas periklanan, seorang perencana periklanan wajib menguasai strategi yang paling tepat dalam penjualan dan pemasaran produk dari sebuah perusahaan. Untuk menentukan strategi yang tepat, seorang perencana periklanan perlu memiliki kepekaan sosial yang tinggi. Hal ini ia perlukan untuk mengetahui apa yang sedang populer di tengah-tengah masyarakat. Hal populer ini dapat dimanfaatkan sebagai materi periklanan yang menarik bagi masyarakat.

Dalam menyusun strategi periklanan, seorang perencana periklanan juga wajib berkoordinasi dengan berbagai pihak. Koordinasi ini amat diperlukan untuk menentukan materi iklan, anggaran iklan, penjadwalan, dan lain-lain. Strategi periklanan yang tengah disusun juga harus diuji terlebih dahulu efektivitasnya oleh perencana periklanan. Oleh sebab itu, profesi ini juga dituntut memiliki kemampuan analisis yang baik serta pola pikir kritis. Sensitivitas masalah juga ia perlukan untuk mengantisipasi masalah-masalah yang dapat timbul.

Kreativitas tinggi juga diperlukan seorang perencana periklanan supaya dapat mengambil ide-ide menarik yang dapat dimuat dalam strategi periklanan. Selain itu, profesi ini juga harus mampu menyusun informasi ke dalam bentuk yang sederhana, misalnya dalam membuat proposal program periklanan suatu produk. Oleh karena itu, kemampuan menulis juga amat dibutuhka oleh seorang perencana periklanan. Kemampuan lain yang perlu ia miliki adalah administrasi, manajemen, dan berbahasa Inggris.



Instansi pekerjaan

  • Advertising agency