span 1 span 2 span 2

Ekonomi

Administration Consultant

Deskripsi

Tugas dari seorang konsultan administrasi tergantung pada perusahaan yang menjadi kliennya. Mereka terkadang bertugas untuk mendukung kegiatan operasional kantor sehari-hari dan membantu manajer senior dalam mengajukan serta menindaklanjuti korespondensi bisnis.

Berbagai profesi terkait

  • Penasihat Administrasi
  • Administration Consultant
  • Administration Advisor

Kisaran Pendapatan

Gaji konsultan administrasi berkisar Rp8.500.000 hingga Rp14.500.000.


Kualifikasi

Gelar Sarjana Administrasi dan Jurusan Lain yang Relevan.



Keahlian dibutuhkan

Seorang konsultan administrasi tentu harus menguasai ilmu administrasi itu sendiri. Sebab, ia bertugas memberi rekomendasi atau masukan kepada kliennya dalam menyusun dan menyelenggarakan kegiatan administrasi klien. Tak hanya menguasai ilmu administrasi, profesi ini juga dituntut untuk memiliki pengetahuan di bidang ilmu manajemen. Dalam bekerja, profesi ini amat mengutamakan kepuasan klien. Oleh karena itu, ia harus memiliki keahlian pelayanan pelanggan dan personal.

Dalam upaya membantu klien menyelesaikan masalahnya, seorang konsultan administrasi dituntut memiliki kemampuan analisis yang baik. Kemampuan ini akan berguna dalam memahami dan menemukan solusi atas masalah yang dialami klien. Profesi ini juga dituntut untuk memiliki kemampuan menyelesaikan masalah kompleks. Sebab, kepuasan klien dapat diukur dari terpecahkan atau tidaknya masalah yang dimiliki klien.

Selain itu, seorang konsultan administrasi juga membutuhkan kemampuan berkomunikasi yang baik, secara lisan maupun tulisan. Kemampuan ini akan diperlukan supaya hasil kerjanya mudah dimengerti oleh klien. Profesi ini juga memerlukan keahlian persuasi yang akan bermanfaat ketika ia berinteraksi dengan klien. Tak ketinggalan, kemampuan Bahasa Inggris juga perlu dikuasai. Sebab, seorang konsultan administrasi bisa saja memiliki klien yang berasal dari luar negeri.



Instansi pekerjaan

  • Pemerintahan
  • Perusahaan