span 1 span 2 span 2

News

Yuk Mengenal 3 Universitas Tertua Di Dunia
Oleh : Halimah Nusyirwan
09 September 2019
Dibaca Normal 3 Menit

News Overview

Banyaknya universitas yang tersebar di seluruh pelosok dunia terkadang membuat kita tidak bertanya-tanya mengenai universitas manakah yang menjadi universitas pertama dan tertua di dunia? Dengan mengetahui suatu sejarah, kita bisa belajar banyak hal mengenai universitas tersebut beserta dengan kisah sejarah yang disimpannya. Lalu, universitas manakah yang menjadi universitas tertua di dunia?


Universitas Al-Qarawiyyin
 

al-qarawiyyin
Sumber: imgur.com

Menurut UNESCO dan Guinness World Records, Universitas yang satu ini merupakan universitas tertua dan pertama di dunia. Universitas ini pertama kali dibangun oleh Fatimah al- Fihri pada tahun 859.. Universitas ini terletak di kota Fes, Maroko, dengan mayoritas jurusannya di bidang ilmu keagamaan Islam dan beberapa lainnya di luar bidang tersebut.

Universitas Al-Azhar
 

al-azhar
Sumber: egypttoursportal.com

Pasti orang Indonesia banyak yang familiar dengan nama universitas yang satu ini. Universitas Al-Azhar pertama kali berdiri pada tahun 970 M dan terletak di kota Kairo, Mesir. Universitas ini pada awalnya merupakan sebuah masjid yang dijadikan lembaga dan pusat pendidikan Islam. Masjid ini lalu digunakan sebagai sekolah bagi kaum Sunni dan sampai saat ini, Universitas Al-Azhar masih berdiri kokoh dan memiliki reputasi yang baik, khususnya di bidang ilmu agama Islam. Universitas ini juga memiliki cabang di Indonesia, yang terletak di kota Jakarta Selatan.

Universitas Bologna
 

bologna
Sumber: scholarshipsads.com

Universitas Bologna (University of Bologna) merupakan universitas tertua ketiga di dunia. Universitas ini pertama kali dibangun pada tahun 1088 M di kota Bologna, Italia. Universitas Al-Bologna merupakan universitas tertua di negara Italia dan benua Eropa. Universitas ini bertahan dengan reputasinya sebagai salah satu universitas terbaik di sana.


Itu dia 3 universitas tertua di dunia. Setiap tempat pasti memiliki cerita atau sejarah menariknya. Saat ini, merupakan sebuah kesempatan besar agar bisa pulang dengan banyak universitas-universitas tersebut masih tetap eksis di depan Hal ini bisa menjadi informasi baru  yang memberikan banyak manfaat dan ilmu untuk khalayak ramai. 

0 Comments