span 1 span 2 span 2

News

Toxic! Inilah 20 Tanda Jika Pasanganmu Mengidap Penyakit Kepribadian Narsistik
Oleh : Pradhana Abhimantra
29 Januari 2020
Dibaca Normal 7 Menit

News Overview

Penyakit Narsistik
Sumber: 
tstatic.net

Kali ini Kinibisa akan membahas mengenai narcissistic personality disorder (NPD), yakni penyakit kepribadian narsistik. Mungkin banyak dari kamu yang tidak menyadari bahwa bisa saja sebenarnya orang terdekatmu adalah salah satu orang penderita narsistik. Penasaran seperti apa sih mereka? Ternyata tidak sebatas merasa ganteng atau cantik secara berlebih saja lho! Berikut ciri-ciri penderita Narsistik.


Ciri-ciri Narcissistic Personality Disorder
 
1. Hidup Untuk “Asupan” Ego Narsistik
 

Sifat Narsistik
Sumber: kompas.com

Jauh di dalam diri seorang pengidap NPD sebenarnya ada insecurity, rendahnya rasa percaya diri yang membuat mereka selalu saja membutuhkan “asupan” ego narsistiknya demi untuk meredam perasaan insecure tersebut melalui sanjungan, pengakuan, dan pujian dari orang lain.

2. Butuh Jadi Pusat Perhatian
 

Mereka selalu ingin menjadi pusat perhatian, dan haus sanjungan. Bahkan sampai-sampai, mereka kemungkinan akan tidak menikmati acara ulang tahun pasangannya sendiri, karena acara itu bukan tentang dirinya.

3. Jaga Image dan Ingin Dilihat Sempurna
 

Mereka memiliki “narasi” yang mereka fantasikan tentang dirinya. Contoh narasi tersebut misalnya: “Aku adalah seorang perempuan yang cantik atau lelaki paling ganteng, memiliki pergaulan baik, taat beribadah, berprestasi di sekolah, dan berwawasan luas.” Dari narasi tersebut mereka akan memperjuangkan bagaimanapun caranya agar citra mereka yang terlihat oleh orang lain adalah seperti itu, walaupun bisa saja kenyataannya tidak.

4. Kata-kata Bertolak Belakang dengan Kelakuan
 

Antara perkataan dengan kelakuannya tidak sinkron sehingga akan membuatmu bingung. Ia bisa saja mengatakan hal seperti “kamu orang terpenting di hidupku” tetapi kelakuannya tidak membuktikan ucapannya.

6. Tidak Butuh Cinta
 

Mereka sejatinya tidak membutuhkan cinta, yang mereka butuhkan lagi-lagi hanya “asupan” untuk ego narsistiknya. Hubungan akan terasa layaknya permainan, karena mereka akan berusaha keras untuk selalu membuat kamu “mengejar-ngejar” mereka. Selain itu mereka juga berharap bahwa kamu dapat mereka kontrol.

6. Benci Untuk Mencinta
 

Emosi merusak rasa otonomi mereka atas dirinya. Mereka tidak menyukai untuk harus “tunduk” karena terkekang gejolak cinta, sebagai konsekuensi, mereka berkecenderungan merubah topik pembicaraan ketika mereka merasa perasaannya mulai tersentuh. Intinya, mereka anti-baper.

7. Sering Bergonta-ganti Pasangan
 

Mereka jatuh hati dengan mudah, tak terkecuali dengan orang yang baru saja dikenalnya. Pada awalnya mereka akan melihat pasangannya sempurna, namun ketika mereka merasa sudah tak ada manfaat lagi yang bisa diambil dari pasangannya, maka mereka bisa tiba-tiba pergi dengan mudah.

8. Mereka Tidak Akan Ada Untukmu
 

Sifat dan Perilaku Narsistik
Sumber: hellosehat.com

Memiliki hubungan mereka, jangan harapkan hubungan yang adil. Tidak akan ada perjuangan untukmu. Mereka hanya akan ada untukmu bila ada perlunya saja. Percayalah, kamu akan merasa seperti sudah berumur 100 tahun sebelum waktunya!

9. Miskin Empati
 

Mereka tidak akan melihat kebutuhanmu, rasa cinta, sakit, kesepian, atau perjuanganmu, karena semua yang ada dalam pikirannya semata tentang dirinya sendiri. Kenyataan ini akan terlihat saat tidak ada audiens lain selain dirimu. Kejadiannya bisa menjadi lain cerita saat di depan umum, karena mereka sangat peduli akan citranya.

10. Merasa Memiliki Alasan Untuk Berperilaku “Tega”
 

Seringkali mereka sebenarnya tahu yang mereka lakukan salah. Namun, mereka merasa boleh untuk melakukannya, karena mereka selalu merasa bahwa kamu telah berbuat salah kepada mereka. Selalu akan ada yang salah tentang dirimu.

11. Menganggap Orang Lain Itu Bodoh
 

Mereka merasa paling tahu segalanya. Karena ini, mereka seringkali kesulitan untuk berbaur karena mereka selalu menganggap hanya mereka yang pintar dan benar. Sementara, orang lain dipandang remeh.

Mereka juga ingin selalu menjadi pengambil keputusan karena mereka ingin mempertahankan rasa berkuasa dalam dirinya.

12. Bukan Pendengar yang Baik
 

Momen langka ketika mereka akan menjadi pendengar yang baik adalah ketika mereka ingin mempelajarimu. Tapi waspada, mereka mempelajarimu bukan untuk lebih memahamimu agar bisa lebih baik kepadamu, alih-alih adalah untuk membuat strategi bagaimana caranya untuk bisa semakin memiliki kontrol terhadap dirimu.

13. Sangat Kompetitif
 

Mereka memandang hidup dengan lebih “receh”, yakni dengan dasar pemikiran “menang atau kalah”. Mereka selalu ingin dianggap sebagai yang paling cantik atau ganteng, paling disukai, paling hebat dan segala “paling” yang lainnya.

14. Tidak Pernah Salah
 

Mereka sulit untuk sadar akan kesalahannya terhadapmu. Jika mereka sadar akan kesalahannya, maka mereka akan hipersensitif terhadapnya dan tidak akan mengakuinya. Bisa jadi, justru kamu yang akan dibuatnya merasa bersalah.

16. Sering Berbohong
 

Hati-hati, mereka rela sampai berbohong untuk kepentingan pribadinya. Saat kamu menemukan kesalahan pada mereka, jangan kaget kalau mereka mengelak bahkan sampai bersumpah bawa nama Tuhan, karena harga diri dan citra diri bagi mereka adalah segalanya untuk dijaga. Bahkan bila perlu melibatkan dusta maka berdustalah.

Bila mengenal mereka, kamu akan sering mendengar:

“Aku tidak pernah mengatakannya”
“Kamu berkhayal”

“Kamu gila”
“Itu tidak pernah terjadi”
“Serius amat jadi orang”

Tetap siaga, karena kebanyakan yang dikatakannya itu adalah kebohongan.

16. Menjawab ABC dengan XYZ
 

Mereka sangat lihai dalam mengelak bila tertuduh berbuat salah, termasuk dengan mengalihkan pembicaraan dengan mengaburkan topik.

17. Selalu Jadi Korban
 

Sejatinya mereka cenderung hobi memprovokasi orang lain, tapi ketika akhirnya konflik terjadi, maka mereka akan menyalahkanmu. Mereka selalu akan memposisikan diri sebagai "korban".

18. Ada Maunya
 

Mereka mengeksploitasi orang lain demi kepentingan pribadinya. Contohnya, mereka berteman dengan seseorang karena melihat misalnya orang itu terkenal dan terpandang, sehingga berharap akan “kecipratan” dan jadi dikenal juga.

19. Berperilaku Mengekang
 

Kamu akan dibuat terisolasi dari teman, kolega, komunitas, bahkan keluargamu.

20. Selalu Serba Iri
 

Mereka sering iri hati pada orang lain, dan merasa orang lain iri pada mereka. Pikirannya negatif banget.


Itulah beberapa ciri dari mereka yang mengidap penyakit kepribadian narsistik. Kira-kira seperti apa ya kalau menjalin hubungan dengan mereka? Yuk baca di artikel berikutnya kalau penasaran seberapa toxic-nya.

0 Comments