span 1 span 2 span 2

News

Tol Jakarta-Cikampek Bisa Digunakan Desember 2019, Bye-bye Macet?
Oleh : Barlyant Vici Wijaya
18 Desember 2019
Dibaca Normal 1 Menit

News Overview

Cikampek
Sumber: ytimg.com

Menjelang akhir tahun sepertinya ada kabar gembira bagi warga yang sering melintasi jalan Tol Jakarta – Cikampek. Pasalnya pada tanggal 15 Desember 2019 lalu, Presiden Joko Widodo telah meresmikan Jalan Tol Layang Jakarta – Cikampek pada pukul 06.00 WIB. Lantas apakah tol layang ini akan mampu mengurai kemacetan?


Selamat Tinggal Macet
 

cikampek macet
Sumber: katadata.co.id

Kini bagi kalian yang sering melintasi jalan tol Jakarta - Cikapek sudah bisa berbahagia, karena biang kerok dari penyebab kemacetan berdarah di ruas jalan tol Jakarta – Cikampek sudah dinyatakan selesai. Mungkin bagi kalian warga Jabodetabek yang sering pergi ke Bandung dengan menggunakan jalan tol tersebut, tahu persis bagaimana macetnya daerah tersebut.

Hal yang Harus Diketahui Tol Layang Jakarta – Cikampek
 

Cikampek
Sumber: klimg.com

Pertama, tol layang yang membentang sepanjang 36,4 km ini hanya diperuntukan untuk perjalanan jauh kea rah Cikampek, yaitu Karawang Timur, Bandung dan Cikampek. Adapun untuk yang kearah Jakarta, yaitu JORR, Pondok Gede dan Cawang. Kedua, pintu masuk menuju tol layang hanya ada di Simpang Susun Cikunir dan Karawang Barat.

Baca juga: Resolusi Tahun 2020 Bagi Kebanyakan Orang

Ketiga, hanya diperuntukan untuk kendaraan kecil Golongan 1 dengan ketinggian maksimum 2,1 meter. Keempat, batas kecepatan hanya boleh 60 km per jam – 80 km per jam. Kelima, tidak adanya rest area di Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek. Keenam, disediakannya 8 lokasi darurat untuk putar balik.

Keadaan Jalan yang Bergelombang
 

cikampek
Sumber: kompas.com

Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek memiliki struktur jalan yang bergelombang, kondisi ini diketahui untuk mengikuti kondisi di bawah jalan tol layang tersebut. Salah satunya penyebab dari bergelombangnya jalan tol layang adalah adanya Jembatan Penyebrangan Orang atau JPO di bawah jalan tol layang, yang mengakibatkan turun naiknya struktur jalan.

Baca juga: Lulusan Kampus Siap Kerja Terbaik Indonesia, dari Universitas Apa Aja Sih?

Sudah Layak Digunakan
 

Meski banyak kekurangan, namun secara keseluruhan jalan tol ini sudah sangat layak untuk digunakan. Mungkin catatan tambahan bagi pengemudi yang ingin melewati jalan tol layang ini adalah, siapkan kondisi kendaraan yang prima, serta tingkatkan kewaspadaan dalam berkendara mengingat tidak tersedianya rest area di jalan tol layang tersebut.


Itu dia hal yang harus kalian ketahui sesudah Jalan Tol Layang Jakarta – Cikampek diresmikan oleh Presiden Joko Widodo.

0 Comments