span 1 span 2 span 2

News

Tips Mendapatkan Beasiswa
Oleh : Barlyant Vici Wijaya
26 September 2019
Dibaca Normal 3 Menit

News Overview


Sumber: schoters.com

Tingginya biaya pendidikan yang setiap tahunnya semakin melonjak, membuat orang tua yang ingin membiayai anaknya cukup dibuat pontang-panting. Sebagai anak kalian harus bisa mengerti kondisi orang tua, terutama dalam hal biaya pendidikan. Mendapatkan beasiswa adalah solusi bijak dalam meringankan beban orang tua.

Berikut adalah tips mendapatkan beasiswa yang bisa kalian lakukan:


 Kenali Kelebihan
 


Sumber: 
miro.medium.com

Setiap individu pasti mempunyai kelebihan dan keterbatasannya masing-masing. Jika kalian ingin mendapatkan beasiswa, kalian harus tahu kelebihan yang kalian punya, ini berguna untuk menentukan minat dan bakat kalian dalam mendapatkan beasiswa.

Pilih Sesuai Kemampuan
 


Sumber: 
business2community.com

Jika minat dan bakat kalian di bidang olahraga dan kalian juga mempunyai presetasi di bidang olahraga, kalian bisa mengajukan beasiswa yang mempunyai persyaratan di bidang tersebut. Ini berlaku juga jika minat dan bakat kalian dibidang seni, teknologi, kewirausahaan dan lain sebagainya, kalian bisa mengajukan beasiswa yang mempunyai persyaratan di bidang tersebut.

Baca juga: Info Beasiswa

Kualitas Bukan Kuantitas
 

Sumber: blogspot.com

Harus kalian ingat bukan seberapa banyak kalian mendapatkakan piala, piagam, sertifikat, atau bukti penghargaan lainnya. Tapi yang menjadi indikator kalian nanti dapat diterima beasiswa adalah, bagaimana prestasi yang kalian dapatkan tersebut bisa berdampak untuk kehidupan kalian.

Aktif Mencari
 


Sumber: 
happify.com

Apa yang sudah kalian perjuangkan tidak akan membohongi hasil yang kalian dapatkan. Mencari beasiswa memang tidak mudah, bahkan ketika kalian sudah menemukan beasiwa, tak jarang persyaratan yang ditentukan oleh beasiswa tersebut tidak sesuai dengan diri kalian. Aktif mencari menjadi solusi untuk kalian mendapatkan beasiswa.

Penuhi Standar Nilai
 

Sudah pasti bobot yang ditentukan untuk kalian mendapatkan beasiswa adalah nilai. Akademis maupun non akademis itu tergantung dari beasiswa apa yang nanti kalian minati. Untuk itu, memenuhi standar nilai menjadi tahap yang paling penting untuk kalian dapat maju pada tahap wawancara nanti.

Baca juga: Tips Wawancara LPDP

Mengatakan Dengan Jujur dan Cerdas
 


Sumber: 
psychologytoday.com

Ketika kalian mendaftar beasiswa dan kalian lolos tahap persyaratan administrasi dan lain sebagainya, tahap wawancara menjadi tahap akhir sebelum kalian mendapatkan beasiswa tersebut. Jujur dan menjawab pertanyaan dengan cerdas adalah awal dari langkah kalian mendapatkan beasiswa, serta dapat mempertanggung jawabkan amanah dari beasiswa tersebut.


Nahh Kibiers, itu dia tips mendapatkan beasiswa. Pastikan Kibiers menerapkan tips tersebut untuk mendapatkan beasiswa ya. Selamat berjuang! 

0 Comments