span 1 span 2 span 2

News

Tips Lulus Kuliah Dengan Nilai Cumlaude
Oleh : Halimah Nusyirwan
11 September 2019
Dibaca Normal 3 Menit

News Overview

Lulus dengan nilai cumlaude mungkin terdengar mustahil untuk sebagian orang. Mencapai IPK yang tinggi dianggap berat karena tugas serta materi kuliah yang kerap kali membuat pusing dan stres karena saking susahnya. Belum lagi jika mereka sibuk dengan berbagai aktivitas di kampus dan juga di luar kampus. Namun, lulus dengan nilai cumlaude bukan berarti tidak bisa terjadi. Berikut ini beberapa tips agar bisa lulus kuliah dengan nilai cumlaude.


Perhatikan Absensi
 

absen
Sumber: pexels.com

Absensi memiliki peran penting dari IPK selama kuliah. Jika kalian sering bolos atau tidak masuk kelas, maka sudah dipastikan IPK kalian akan susah untuk bertahan di angka 3, apalagi cumlaude. Dengan rajin masuk kelas dan mengikuti perkuliahan, kalian dijamin setidaknya sudah mengantongi IPK 3 dengan absensi yang full. Kalian juga akan memiliki kesan yang baik dan disukai oleh dosen karena rajin masuk kelas yang hal ini akan semakin memudahkan kalian untuk dekat dan juga berdiskusi dengan dosen kalian.

Baca juga: Info Universitas Dalam dan Luar Negeri

Aktif Berdiskusi dan Bertanya
 

Ingat kan dengan pepatah “Malu bertanya, sesat dijalan”? Pepatah ini benar adanya karena jika kita tidak mengetahui sesuatu dan malu untuk bertanya, sudah dipastikan kalian akan salah kaprah dan “tersesat” karena hanya menduga-duga sendiri.

Ada baiknya jika kalian aktif bertanya di kelas mengenai hal yang kalian tidak mengerti dan juga berdiskusi dengan dosen serta teman-teman mengenai materi kuliah kalian. Kalau perlu, buatlah grup belajar bersama teman yang memiliki semangat untuk belajar dan berbagi ilmu pada sesama agar kalian bisa belajar dari teman-teman yang mengerti.

Rajin
 

rajin
Sumber: pexels.com

Selain absen dan aktif, kalian juga harus rajin mengerjakan tugas yang diberikan oleh dosen. Tugas-tugas tersebut mempunyai bobot nilai yang cukup tinggi yang akan mempengaruhi nilai akhir kalian nantinya. Kerjakanlah tugas-tugas tersebut dan jangan sampai telat mengumpulkannya karena akan menjadi sia-sia. Jadilah mahasiswa/i yang rajin dan jauhi sifat procrastinator serta deadliner karena kedua hal tersebut hanya akan membuat kalian susah dan kewalahan sehingga jauh dari nilai cumlaude.

Disiplin
 

Orang yang sukses adalah orang yang disiplin. Untuk mendapatkan nilai cumlaude, kalian harus disiplin dalam berbagai hal, yaitu waktu dan belajar. Gunakanlah waktu yang kalian punya dengan sebaik mungkin dan akan lebih bagus jika kalian bisa mengatur waktu kalian dengan baik dan gunakan sebaik mungkin agar tidak terbuang dengan percuma.

Luangkanlah sedikit waktu, setidaknya 1-2 jam setiap hari, untuk mengulang kembali materi-materi yang sudah kalian pelajari di kelas sebelumnya supaya kalian semakin memahami konsep yang ada dan tidak lupa dengan apa yang sudah kalian pelajari selama ini.

Baca juga: Info Beasiswa Dalam dan Luar Negeri

Istirahat yang Cukup
 

rest
Sumber: pexels.com

Semua tips di atas akan menjadi sia-sia jika kalian tidak beristirahat dengan cukup. Tubuh yang letih dan terlalu diforsir hanya akan membuat kalian kehilangan fokus ketika di kelas dan susah untuk menyerap materi kuliah yang disampaikan. Jagalah kesehatan kalian dengan istirahat yang cukup agar badan menjadi bugar dan fresh serta tidak mengantuk di kelas. Badan yang sehat akan memiliki otak yang siap untuk diisi dengan ilmu serta pengetahuan yang baru.


Dengan tips-tips di atas, lulus dengan nilai cumlaude bukanlah sesuatu yang mustahil lagi bukan? Jika kalian ingin lulus dengan predikat tersebut, harus dimulai dengan niat yang serius agar kalian bisa komitmen untuk mengkuti tips tersebut. Jangan patah semangat untuk menggapai impian kalian ya Kibiers. Semangat!

0 Comments