span 1 span 2 span 2

News

Tips Lolos SBMPTN
Oleh : Barlyant Vici Wijaya
19 Juni 2019
Dibaca Normal 3 Menit

News Overview

Siapa sih yang tidak mau berkuliah di Perguruan Tinggi Negeri? Bagi kalian yang masih berjuang untuk bisa berkuliah di Perguruan Tinggi Negeri melalui jalur SBMPTN, kalian harus tahu tips-tips apa saja yang harus kalian lakukan untuk mempersiapkan ujian SBMPTN. Simak ulasannya sebagai berikut:


Belajar, Berdoa, Istirahat Harus Seimbang
 
seimbang
Sumber: suzannereislerlitwin.com

 

Bila kalian ingin lolos SBMPTN penting untuk mengetahui bahwa keseimbangan dalam tiga hal ini adalah poin utamanya. Bagaimana tidak, bila kalian belajar terus-menerus tanpa adanya istirahat, apakah kualitas berpikir kalian akan tetap utuh? Tentu tidak.

Apabila kalian berdoa setiap hari tanpa adanya waktu belajar yang seimbang, apakah kalian akan akan paham dengan materi yang akan diujikan? Tentu juga tidak. Lalu jika kalian terlalu banyak istirahat dan bersantai setiap hari dengan timpangnya waktu belajar dan berdoa, apakah kalian akan berhasil? Ya pasti tidak.

 
Mengetahui Kapasitas Diri
 

Penting untuk kalian mengetahui kapasitas diri dalam menjawab soal SBMPTN. Kalian harus tahu dimana letak kekurang dan kelebihan kalian dalam menjawab soal, bila kalian mengambil rumpun saintek dan sudah sangat paham di mata pelajaran biologi, namun justru sebaliknya di mata pelajaran fisika.

Baca juga: Info Beasiswa

Kalian bisa berusaha lebih dulu di mata pelajaran fisika sampai batas maksimum kalian. Namun kalian jangan terfokus untuk satu mata pelajaran saja ya, hanya porsi belajarnya saja ditambah sedikit dari mata pelajaran lainnya.

 
Tidak Cepat Merasa Puas
 

Jangan cepat merasa puas dari apa yang sudah kalian kerjakan, secara tidak langsung merasa cepat puas bisa menimbulkan rasa congkak pada diri kalian.

Maka dari itu bila kalian sudah merasa mahir dalam beberapa mata pelajaran atau kalian mendapatkan nilai try out yang cukup memuaskan, jangan dulu puas. Belajar lebih sampai mendapatkan target nilai maksimal kalian.

 
Memperkuat Strategi
 
strategi
Sumber: hestanto.web.id

 

Tentu dalam menjawab soal SBMPTN butuh strategi agar lolos seleksi. Kalian harus tahu struktur menjawab soal dari yang paling mudah dan kenali kemampuan kalian dalam menjawab soal. Ini juga berlaku dalam penentuan jurusan kalian. Pertama, pilihlah jurusan pertama yang benar-benar kalian minati dan sukai.

Kedua, pilihlah jurusan yang sekiranya masih ada kesinambungannya dari jurusan yang pertama kalian pilih namun dengan daya saing yang lebih rendah. Ketiga, pilihlah jurusan yang sesuai dengan kemampuan nilai try out kalian tetapi jurusan itu masih kalian minati.

Baca juga: Akreditasi Ugm

 
Bertanya Dengan Yang Berpengalaman
 

bertanya
Sumber: kalibrr.com

Kenali jurusan yang kalian minati dengan bertanya bersama orang yang memang sudah berkuliah di jurusan tersebut, ini bisa menghindari kalian dari ekspektasi dengan realita yang ada. Jika tidak, berkonsultasilah dengan guru konseling di sekolah maupun di tempat bimbingan belajar tambahan kalian. Ini supaya kalian mempunyai bayangan secara gamblang jurusan yang mau kalian minati tersebut.


Nah itu dia lima tips yang bisa kalian terapkan sebelum mengikuti tes SBMPTN. Ingatlah bahwa usaha tidak akan membohongi hasil selagi kalian sudah berusaha dan berdoa, pasti kalian akan mendapatkan hasil yang setimpal.

0 Comments