span 1 span 2 span 2

News

Tips Gaya Hidup Sehat di Bulan Puasa
Oleh : Samy Farrasady
07 Mei 2019
Dibaca Normal 4 Menit

News Overview

Bulan Ramadan adalah bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh umat Muslim. Nuansa berbeda akan tersaji di bulan Ramadan. Perubahan pola aktivitas sehari-hari juga akan dirasakan. Banyak orang menghabiskan waktunya dengan bermalas-malasan di bulan yang penuh berkah ini. Tetapi taukah kalian, ternyata bulan Ramadan ini merupakan waktu yang tepat lho untuk merubah gaya hidup yang lebih sehat.

Selain menahan haus dan lapar, berpuasa juga dapat mengurangi konsumsi makanan yang tidak bergizi. Peluang kalian untuk mengkonsumsi makanan yang lebih bervitamin dan berprotein akan lebih besar, kalian bisa memanfaatkan kesempatan ini pada saat sahur dan berbuka. Hal ini juga berguna untuk daya tahan tubuh agar tetap sehat menjalani ibadah puasa sebulan penuh.


Berikut ini adalah 5 Tips Gaya Hidup Sehat di Bulan Puasa:

Berolahraga
 

Olahraga Ringan
Sumber: idntimes.com

Di bulan Ramadan ini memang kita diwajibkan untuk menahan rasa lapar dan haus dari mulai matahari terbit hingga terbenam, tetapi hal ini bukan menjadi alasan untuk bermalas-malasan dirumah, selain menjalankan aktivitas sehari-hari kita juga harus berolahraga. Cobalah untuk berolahraga di waktu menjelang berbuka puasa atau setelah berbuka puasa, hal ini sangat baik untuk kesehatan tubuh dan menjaga tubuh tetap fit di bulan Ramadan ini. Tidak perlu olahraga berat, cobalah olahraga yang ringan dan dapat dilakukan di rumah.

Minum Air Secukupnya
 

Minum Air
Sumber: sundaymore.com

Saat berpuasa, menjaga cairan tubuh adalah hal yang penting. Hal ini dilakukan agar kita tidak kekurangan cairan tubuh dan terhindar dari rasa lemas saat berpuasa. Untuk melakukan hal ini, pastikan kalian meminum air mineral yang cukup, setidaknya 8 gelas perhari. Kalian dapat membagi porsi ini sesuai yang kalian inginkan. Sebagai alternatif kalian juga dapat mengkonsumsi susu atau teh untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh.

baca juga: Berbagai Makanan Khas Indonesia yang mendunia

Mengatur Porsi Makan
 

Mengatur Porsi Makan
Sumber: keepo.me

Sesudah menahan lapar selama kurang lebih 14 Jam, kebanyakan orang langsung menyantap makanan dengan porsi besar saat berbuka. Hal ini yang seharusnya dihindarkan karena dapat menyebabkan rasa kantuk dan tidak baik untuk tubuh seseorang yang habis berpuasa.

Cobalah dari makanan ringan terlebih dahulu dan dilanjutkan dengan makanan utama serta jangan lupa memperhatikan kandungan-kandungan di dalamnya. Disarankan untuk memilih makanan yang berkarbohidrat dan berprotein.

Perbanyak Vitamin
 

Perbanyak Vitamin
Sumber: futurekerala.in

Selama menjalankan ibadah puasa, tubuh mengalami perubahan fungsi terutama pada sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu, asupan vitamin dan mineral yang cukup sangat dianjurkan untuk orang yang berpuasa guna menjaga sistem kekebalan tubuh perbanyaklah mengkonsumsi Vitamin C dan Zinc. Untuk Vitamin C bisa didapatkan dengan mengkonsumsi buah-buahan, seperti jeruk, mangga, pepaya, dan melon. Kalian juga dianjurkan untuk mengkonsumsi daging ayam, sapi, dan bayam untuk memperbanyak Zinc.

baca juga: Mengintip Uniknya Sistem Pendidikan Negeri Sakura

Mengendalikan Emosi
 

Mengendalikan Emosi
Sumber: licdn.com

Di bulan Ramadan ini, kita tidak hanya diwajibkan untuk menahan rasa lapar dan haus saja. Tetapi, penting halnya untuk mengendalikan emosi, melatih kesabaran, dan mendekatkan diri kepada yang maha kuasa. Secara psikologi, hal ini dapat berpengaruh terhadap mental dan spiritual dalam diri. Dengan mengendalikan emosi, melatih kesabaran, dan mendekatkan diri kepada yang maha kuasa, akan membuat hati menjadi lebih tenang.


Banyak hal positif yang dapat dilakukan di bulan yang penuh berkah ini. Salah satunya adalah merubah pola hidup yang lebih sehat. Peluang untuk merubah gaya hidup sehat sangat besar di bulan Ramadan ini dan dapat menjadi kebiasaan yang akan terbawa walaupun Ramadan telah usai.

0 Comments