span 1 span 2 span 2

News

The 16th Economix International Seminar “The Future of Work: A Looming Phenomenon”
Oleh : Halimah Nusyirwan
27 November 2018
Dibaca Normal 2 Menit

News Overview

The 16th Economix merupakan tiga rangkaian acara bertajuk ekonomi skala internasional, dimana seminar termasuk pada acara pertama tersebut. Tahun ini, The 16th Economix International Seminar mengangkat tema besar “The Future of Work: A Looming Phenomenon”.


Dewasa ini, perkembangan teknologi yang pesat telah menjadi faktor utama yang mempengaruhi kuantitas dan kualitas pekerjaan di seluruh dunia. Hal ini menyebabkan kemunculan tantangan baru, yaitu polarisasi dan ketimpangan lapangan pekerjaan, penurunan populasi usia penduduk usia produktif, dan perubahan pandangan masyarakat untuk memilih pekerjaan mereka. Pembahasan mengenai transformasi struktural lapangan pekerjaan pada seminar ini dibagi menjadi tiga sesi, yaitu Keynote Session, 1st Session, dan 2nd Session, dimana masing-masing fokus pada perspektif yang berbeda-beda.

Dok. Kinibisa
Dok. Kinibisa

 

The 16th Economix International Seminar dihadiri oleh pembicara-pembicara ternama dari berbagai latar belakang yang bersentuhan dengan topik transformasi struktural pada lapangan pekerjaan, baik akademisi, birokrat, konsultan, maupun pengusaha. Keynote Session tahun ini diisi oleh dua pembicara yang terkemuka dalam bidang ekonomi, yaitu Ngakan Timur Antara sebagai Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri dan Prof. Dr. Dahlan Iskan sebagai Mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Republik Indonesia periode 2011-2014.

Dok. Kinibisa
Dok. Kinibisa

Menurut Pak Ngakan, Indonesia kini sedang mengalami pertumbuhan manufaktur dan ekonomi. Diperkirakan dalam 15 tahun kedepan, Indonesia akan mengalami “Golden Age” dimana Revolusi Industri 4.0 akan berdampak besar pada Indonesia, khususnya dalam bidang lapangan pekerjaan. Hal ini dapat dilihat dari bidang-bidang pekerjaan yang mulai bergeser fokusnya menjadi Research and Development, brand mix, logistic, serta data analytic. Ia juga mengatakan akan mulai banyaknya kolaborasi tenaga kerja industri dengan lembaga lainnya seperti kerja sama yang mulai banyak dilakukan dengan SMK-SMK di Indonesia.

Selanjutnya, 1st session yang membahas kesempatan perubahan struktur lapangan kerja menghadiri Norman V. Loayza dari World Bank, Edwin Utama dari Boston Consulting Group, Triono Soedirjo dari Pricewaterhousecooper, dan I Made Dewa Tangkas dari PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia. Terakhir, 2nd session yang membahas tantangan perubahan struktur lapangan kerja mengundang Rashesh M. Shrestha dari Economic Research Institute for ASEAN (ERIA), Haiyani Rumondang dari Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia, Amri Siahaan dari Medco Energi International, dan Pambudi Sunarsihanto dari Danone Aqua.

Dok. Kinibisa
Dok. Kinibisa

Seminar Internasional ini diselenggarakan pada hari Senin, 5 November 2018 dari pukul 08.00 WIB di Auditorium Soeria Atmaja, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia, Depok. Seminar yang berlangsung dari jam 7.30 pagi hingga 5.30 sore ini terbuka untuk umum dengan peserta dari kalangan mahasiswa, akademis, dan praktisi dari Indonesia, Filipina, Bangladesh, dan Hong Kong. Tiket dari seminar ini dijual pada harga Rp50.000 sebelum penyelenggaraan seminar dan Rp75.000 pada saat penyelenggaraan seminar (on the spot). Tiket ini sudah mencakup seminar kit, makan siang, dan sertifikat. Informasi mengenai The 16 th Economix yang lebih mendalam dapat diakses melalui website www.economix-febui.com.

0 Comments