span 1 span 2 span 2

News

Tempat Wisata Penuh Misteri yang Harus Dikunjungi
Oleh : Calvin Geraldo S
19 Juli 2019
Dibaca Normal 3 Menit

News Overview

Tempat wisata adalah tujuan untuk yang mencari ketenangan bagi sebagian orang yang sudah terlalu penat dengan kesibukannya. Entah sendiri atau bersama orang-orang terdekat, berwisata disarankan untuk dilakukan paling tidak enam bulan sekali. Tempat wisata bukan hanya persoalan alam, tapi bisa juga datang ke tempat-tempat rekreasi. Tempat wisata juga bukan hanya sekedar untuk refreshing tapi juga dapat dijadikan sarana pengajaran.

Meski begitu, apa kalian tahu kalau di Indonesia ternyata banyak juga tempat wisata yang mistis atau yang beredar mitos di dalamnya? Indonesia yang memiliki sejarah panjang sebelum merdeka dan juga meninggalkan tempat-tempat yang dianggap mistis dan penuh mitos hingga saat ini.

Terlebih, beragamnya suku bangsa dengan beraneka tradisi juga ternyata meninggalkan tempat-tempat yang memiliki anggapan yang sama dan mungkin kurang bisa dipahami oleh akal manusia modern dan perkotaan.

Jika kalian tertarik berwisata atau mengunjungi tempat-tempat wisata untuk mendapatkan suasana yang berbeda, kalian harus banget catat dan kunjungi daftar tempat wisata penuh misteri di Indonesia berikut ini.


Lawang Sewu – Semarang
 

Bangunannya yang megah serta indah saat malam hari ternyata menyimpan beribu cerita penuh misteri. Bangunan yang mempunyai seribu pintu ini awalnya merupakan bangunan pemerintahan Belanda. Seiring waktu, Jepang datang dan merebut bangunan ini dari tangan Belanda. Oleh Jepang bangunan ini dijadikan penjara yang sangat mengerikan. Bangunan dengan arsitektur ala Eropa ini ternyata di dalamnya terdapat sumur tua yang  berada di halaman gedung.

Dari sumur tua itu, kerap terdengar sayup-sayup suara penuh kengerian yang menakutkan. Bayang-bayang makhluk lain dan aroma darah yang konon nyatanya diikuti dengan kemunculan penampakan kuntilanak merah (yang tertangkap juga saat acara tv Dunia Lain )tidak jarang membuat para wisatawan sedikit berhati-hati saat berwisata ke tempat ini.

Gedung
Sumber: brilio.ne

Taman Festival Sanur – Bali
 

Namanya saja taman festival, pastinya dulu tempat ini merupakan tempat yang sangat ramai. Sejak ditutup tahun 2000 silam, taman festival ini tidak terawat dan terkesan terbengkalai. Dulunya, tempat ini sangat penuh dengan wahana bermain dengan tembok-tembok bercorak mural yang estetis. Selain karena pembangunan yang terhenti, diketahui pada tahun 2012 bangunan ini terbakar.

Baca juga: Tradisi Unik di Indonesia

Dari sana kemudian muncul cerita-cerita penuh misteri. Konon setiap batu-batu yang masih berdiri di sana sudah ada yang mendiami. Sosok leak menambah kesan mistis dari tempat yang dulunya banyak orang tertawa.

Festifal
Sumber: getalldesign.com

Pantai Parangkusumo – Bantul
 

Bantul dan Jogja memang seromantis itu. Tidak hanya satu atau dua tempat wisata yang mampu menumbuhkan kenang yang selalu membuat enggan pulang. Bila Malioboro yang penuh riuh saja membuat jatuh hati, bagaimana dengan pesisirnya yang banyak ombak membasuh pasir. Sudah lama terdengar indahnya Pantai Parangtritis, Pantai Parangkusumo pun mulai membuat gusar para wisatawan untuk segera datang karena berita pesonanya yang mengagumkan.

Matahari yang berenang dan terbenam adalah momen yang paling ditunggu-tunggu oleh para wisatawan yang datang bersama orang tercinta. Namun, siapa sangka pesona Pantai Parangkusumo menyimpan misteri yang akan membuat suasana semakin merinding. Letaknya yang tidak jauh dari Pantai Parangtritis membuat Pantai Parangkusumo juga disebut-sebut sebagai tempat beradanya sang Ratu Penguasa Pantai Selatan.

Keberadaan batu cinta dan masih dilakukannya berbagai upacara ritual oleh masyarakat sekitar membuat semakin mistisnya suasana di sana. Akan tetapi adanya gumuk pasir, kereta kuda, hingga ATV akan membuat kalian dapat sedikit melupakan misteri dari tempat ini.

Kuda
Sumber: bonvoyagejogja.com

Pemakaman Goa Londa dan Lemo – Makassar
 

Terakhir dan sedikit bergeser ke arah timur, yakni Pemakaman Goa yang terletak di Londa, Makassar. Tempat wisata yang satu ini awalnya merupakan tempat pemakaman masyarakat asli Tana Toraja. Tradisi yang dianggap menyimpan beribu kemagisan ini masih dipertahankan hingga saat ini. Tradisi pemakaman goa Londa mempunyai keunikan dalam memakamkan orang yang telah meninggal.

Masyarakat serta para sesepuh di sana akan melakukan upacara pemakaman tanpa adanya penguburan dan hanya disimpan dalam rumah Tongkonan. Seiring berjalannya waktu, tradisi yang satu ini menjadi tempat wisata yang juga sudah banyak dilirik wisatawan mancanegara.

Kamu tipe introvert apa extrovert? yuk tes karakter di kinibisa

Untuk berwisata ke tempat ini, kalian akan dikenakan biaya sebesar 10 ribu rupiah. Harga yang sangat terjangkau dengan apa yang akan kalian dapatkan setelah kembali dari tempat ini. Berwisata, belajar, hingga udara segar bisa kalian dapatkan ketika berkunjung ke tempat ini.

Kuburan
Sumber: indonesiakaya.com


Jadi, sudah menyiapkan mental yang kuat dan siap menantang misteri yang sudah ada di tempat-tempat tadi? Jangan lupa ajak teman-teman kalian juga ya. Have fun, Kibiers!

0 Comments