span 1 span 2 span 2

News

Syarat Untuk Menjadi Seorang Pramugari
Oleh : Barlyant Vici Wijaya
19 Desember 2019
Dibaca Normal 1 Menit

News Overview

Setiap menaiki pesawat, sosok pramugari menjadi sorotan utama dari para penumpang. Seragam yang rapih, wajah yang rupawan, hingga tubuh yang ideal, membuat sosok pramugari terkesan elegan dan keren. Tidak heran jika pramugari selalu diwajibkan tampil rapi dan menarik, karena memang mereka bersentuhan langsung dengan konsumen sebagai wajah dari perusahaan.

Berikut adalah requirement yang harus terpenuhi untuk bisa menjadi seorang pramugari:


Bentuk Tubuh
 

pramugari
Sumber: diklat-bandara.com

Jika kalian seorang perempuan yang mempunyai tinggi badan lebih dari 158 cm, kalian adalah seorang yang berpotensi untuk menjadi pramugari. Selain itu berat badan yang ideal, postur tubuh proposional, hingga mempunyai kulit mulus bebas jerawat dan luka bekas jerawat juga menjadi nilai lebih.

Usia dan Pendidikan
 

Untuk dapat menjadi seorang pramugari kalian minimal harus berusia 18 tahun dan maksimal 27 tahun. Adapun minimal pendidikan yang harus diselesaikan oleh calon pramugari adalah SMA atau sederajat dan maksimal D-3 hingga S-1. Bahkan seorang calon pramugari terkadang diharuskan memiliki sertifikat dari sekolah pramugari.

Baca juga: Kasus Dirut Garuda yang Sedang Viral

Kesehatan
 

pramugari garuda
Sumber: akamaized.net

Tidak hanya mempunyai tampilan fisik yang sempurna, seorang pramugari harus sehat jasmani dan rohani. Ini karena perjalanan jauh akan menjadi teman dari seorang pramugari, kesehatan yang prima dan daya tahan tubuh yang kuat adalah syarat bagi calon pramugari.

Batas Mata Minus Hingga Gigi Rapi
 

pramugari
Sumber: pegipegi.com

Masih dengan persoalan fisik, seorang pramugari tidak diperbolehkan memakai kacamata, ataupun jika mata calon pramugari memang minus, calon pramugari harus menggunakan lensa kontak, namun dengan batas minimun minus yang ditentukan. Kerapihan gigi juga menjadi nilai lebih bagi calon pramugari.

Baca juga: Kasus Garuda Indonesia: Antara Tahta dan Wanita

Tidak Mudah Panik
 

tidak mudah panik
Sumber: grid.id

Seorang calon pramugari diharuskan tidak mudah panik dan harus bisa menenangkan penumpang yang panik. Bisa mengendalikan diri pada semua situasi, hingga bersikap ramah kepada semua penumpang adalah hal yang harus dipunyai oleh seorang calon pramugari.

Selain itu napas yang segar dan tidak mengeluarkan keringat berbau juga menjadi nilai tambahan. Tidak lupa siapkan kelengkapan berkas administrasi yang diminta dari calon maskai yang dituju.

0 Comments