span 1 span 2 span 2

News

Sisi Gelap Dunia Entertainment Hollywood
Oleh : Halimah Nusyirwan
17 Januari 2019
Dibaca Normal 5 Menit

News Overview

Hidup di tengah gemerlapnya dunia entertainment Hollywood tentu menjadi banyak impian orang-orang di dunia. Menjadi artis dan berkarier di industri Hollywood nampaknya sangatlah menjanjikan dan dipenuhi dengan kebahagiaan serta kejayaan. Akan tetapi, dibalik keindahan yang tak berujung tersebut, terdapat sisi gelap yang menjadi “racun” bagi para artis-artis tersebut.


Kehidupan artis Hollywood selalu menjadi sorotan media dan masyarakat dunia. Segala hal mulai dari gaya hidup, pakaian, sampai kehidupan pribadi para artis ini seakan menjadi konsumsi publik yang selalu dipantau oleh banyak orang. Keindahan yang ditampilkan di televisi rupanya tidak menceritakan segala hal di balik layar yang terjadi di kehidupan sang artis. Banyak dari artis-artis serta public figure terkenal tersebut yang memiliki kisah masa lalu dengan perjuangan yang tidaklah mudah. Bahkan ketika mereka sudah berada di puncak ketenaran dan kesuksesannya, bentuk “ketenaran” itu sendiri dapat merubah dan membutakan seseorang serta banyaknya godaan yang datang untuk menjerumuskan para artis itu untuk merusak karier mereka.

Menjadi artis Hollywood terkenal dan memiliki segudang fans tidak menjamin sang artis untuk memiliki kehidupan yang bahagia. Menjadi public figure tak seindah yang orang-orang pikirkan. Banyak dari artis-artis Hollywood ini yang memiliki masa lalu kelam yang berdampak pada kehidupan mereka sekarang. Gemerlapnya dunia showbiz tentu memiliki dampak buruk. Pergaulan yang dipenuhi dengan narkoba, alkohol, dan hal-hal lainnya, seperti banyaknya sorotan media hingga paparazzi yang selalu mengikuti kemanapun mereka melangkah, juga memberikan dampak buruk bagi para artis tersebut karena merasa diawasi dan tidak bisa bertindak sesuai dengan apa yang mereka inginkan karena takut dengan persepsi serta komentar orang-orang yang cenderung mencari-cari kesalahan di setiap hal yang mereka lakukan.Tak hanya itu, banyak dari para artis tersebut yang menjadi "mesin uang" oleh orang-orang di industrinya demi mengejar pundi-pundi uang tanpa memikirkan kesejahteraan serta kebebasan sang artis dalam berkarya.

A Star is Born (2018)
 

A Star is Born
A Star is Born (2018)
Sumber: biography.com

Film terbaru karya Bradley Cooper yang berjudul A Star is Born (2018) sukses menggambarkan sisi lain kehidupan musisi papan atas Amerika yang penuh dengan lika-liku kehidupan serta perjuangan. Film ini sukses menggambarkan kenyataan gelap di balik ketenaran yang ditawarkan oleh Hollywood. Cerita dari A Star is Born sendiri terfokus pada kisah seorang musisi country-rock bernama Jackson Maine dan Ally, seorang waitress yang sering tampil di Drag Bar, dimulai dari awal pertemuan mereka hingga perjalanan cinta dan karier mereka dalam dunia musik. Hal yang paling menarik dari film ini adalah kisah dua karakter utama dengan perjuangan mereka masing-masing. Di balik ketenarannya sebagai musisi, Jackson (Jack) berjuang melawan kecanduannya dengan alkohol dan narkoba akibat dari masa lalunya yang kelam.

Kasus Artis-Artis Hollywood
 

Chester Bennington
Chester Bennington
Sumber: spin.com

Tak hanya film ini, banyak contoh kasus yang dapat kita lihat di kehidupan nyata, seperti apa yang terjadi pada legenda pop dunia, Michael Jackson yang dengan gamblang menyebarkan “kekejaman” dibalik industri entertainment, terutama mengenai konfliknya dengan Tommy Mottola. Chester Bennington, vokalis Linkin Park, dinyatakan meninggal setelah menggantung dirinya setelah selama ini berjuang melawan depresi serta alkohol yang menggerogotinya sejak ia muda akibat masa kecilnya yang kelam. Hal yang serupa juga terjadi pada Britney Spears ketika tahun 2007 publik digemparkan dengan berita mengenai mental breakdownnya yang menghancurkan karier Britney kala itu karena kesehatan mentalnya yang terganggu akibat dirinya yang merasa di”kontrol” dan di”atur” segala gerak gerik hingga musiknya oleh banyak orang sehingga ia tidak bisa menjadi dirinya sendiri.

Baca juga: Gerakan MeToo dalam Melawan Pelecehan dan Kekerasan Seksual

Kasus pelecehan dan kekerasan seksual yang marak terjadi, seperti yang melibatkan produser terkenal Amerika bernama Harvey Weinstein, juga semakin mengungkap tabir gelap dibalik kemegahan industri Hollywood. Ramainya kasus pelecehan dan kekerasan seksual yang dialami para artis-artis Hollywood demi berkarier di industri ini seakan menghancurkan kepercayaan diri serta karakter mereka yang akhirnya berakhir pada depresi dan kasus fatal lainnya. Bahkan Megan Fox juga pernah menceritakan bagaimana ia tidak dihargai dan diperlakukan dengan baik karena dirinya yang seorang perempuan di berbagai produksi film blockbuster Hollywood yang pada akhirnya mengganggu kesehatan mentalnya kala itu.


Melihat banyaknya kasus serta keadaan para artis papan atas yang kini mulai jujur menceritakan bagaimana buruknya kondisi mereka selama ini menunjukkan bahwa menjadi artis Hollywood yang identik dengan kesenangan dan kekayaan rupanya tidak menjamin kebahagiaan seseorang. Banyak dari para artis yang sudah sukses tersebut pernah melalui masa pahit dan kejamnya dunia entertainment Hollywood serta tak sedikit pula dari mereka yang masih berusaha untuk melawan kegelapan tersebut.

0 Comments