span 1 span 2 span 2

News

Selamat Ulang Tahun Jakarta!
Oleh : Avellino Dwido
22 Juni 2019
Dibaca Normal 3 Menit

News Overview

Jakarta, kota raksasa yang mendapat gelar Daerah Khusus Ibukota, dengan penduduknya yang mencapai lebih dari 10 juta jiwa dan sedang ramai menjadi perbincangan karena dua transportasi umumnya yang baru beroperasi, MRT dan LRT.

Jakarta saat ini sedang bergembira, merayakan hari jadinya yang ke-492. Seperti apa perjalanan Jakarta yang sudah berusia hampir lima abad ini, hingga akhirnya 22 Juni ditetapkan menjadi hari jadinya Ibu Kota Negara Indonesia ini?


Segelintir Sejarah Jakarta
 

Sunda Kelapa menjadi sebutan untuk Jakarta di masa lampau, tepatnya pada abad ke-14. Sunda Kelapa sebenarnya merupakan nama pelabuhan yang terkenal di masa tersebut dikarenakan menjadi pusat perdagangan dari Kerajaan Padjajaran.

Pada tahun 1527, seorang pangeran dari Kesultanan Demak, Pangeran Fatahillah, berhasil menaklukkan daerah tersebut dan kemudian mengganti nama Sunda Kelapa menjadi Jayakarta yang tepatnya terjadi pada tanggal 22 Juni sehingga tanggal inilah yang dijadikan hari ulang tahun kota Jakarta.

Kemudian pada akhir abad ke-16, Belanda yang saat itu berada di bawah kepemimpinan Jan Pieterszoon Coen, berhasil menaklukkan Jayakarta. Coen kemudian membangun kembali kota tersebut dengan gaya, benteng, dan kanal Belanda serta mengganti namanya menjadi Batavia.

Di bawah pemerintahan VOC, Batavia sempat beberapa kali berganti sebutan, seperti Gemeente Batavia pada tahun 1905 dan Stad Gemeente Batavia pada tahun 1935.

Lalu, pada tahun 1942, Jepang sempat mengalahkan Belanda di Batavia. Jepang pun mengganti nama Batavia dengan sebutan Toko Betsu Shi, yang jika diterjemahkan secara kasar memiliki arti ‘jauhkan perbedaan’.

Setelah Jepang menyerah kepada sekutu dan hengkang dari Indonesia, Indonesia memproklamirkan kemerdekaannya dan mengganti nama Toko Betsu Shi menjadi Jakarta yang diambil dari kependekan Jayakarta.

Kota Tua, Jakarta

Sumber: pexels.com

Penetapan Hari Lahir Jakarta
 

Jakarta lahir pada tahun 1527. Itu berarti, Jakarta sudah berusia 452 tahun pada 2019 ini. Hari lahir Jakarta sebenarnya diusulkan oleh seorang Walikota Jakarta, bernama Sudiro, yang menjabat pada tahun 1953-1960. Selepas masa penjajahan, pada tanggal 22 Juni 1956, Sudiro mengusulkan tanggal 22 Juni 1927 sebagai hari jadi Jakarta yang kemudian digelar sidang untuk menetapkannya pada saat itu.

Baca juga: Degradasi Budaya Ondel-Ondel

Pada akhirnya, 22 Juni 1927 diputuskan sebagai hari lahir Jakarta dan tanggal tersebut sama dengan ketika Pangeran Fatahillah pertama kali memberi nama Jayakarta beserta kependekan nama Jayakarta yang diambil menjadi nama Jakarta hingga kini.

Bundaran HI, Jakarta
Sumber: pexels.com

Jakarta Fair
 

Bicara tentang hari ulang tahun Jakarta, tidak lengkap rasanya tanpa membahas acara yang rutin diadakan untuk dapat turut memeriahkan hari jadi kota Jakarta, yaitu Jakarta Fair.

Jakarta Fair pertama kali diselenggarakan pada tanggal 5 Juni hingga 20 Juli 1968 oleh Presiden Soeharto di Monumen Nasional (Monas). Ketika itu, Jakarta Fair masih disebut sebagai Djakarta Fair dengan menggunakan ejaan lama.

Syamsudin Mangan, atau Haji Mangan, merupakan orang yang mengetuai acara Jakarta Fair yang pertama. Ia mengubah wajah Pasar Malam Gambir menjadi lebih dikenal orang dengan nama Djakarta Fair.

Setelah tahun 1968, Jakarta Fair berkembang pesat dari yang sebelumnya hanya berupa pasar malam menjadi pameran besar dan modern yang menampilkan berbagai macam produk. Jakarta Fair pun menjadi pagelaran wajib pemerintahan Jakarta setiap tahunnya sekaligus memeriahkan hari ulang tahun Jakarta yang pada 2018 lalu dihadiri lebih dari 6 juta orang. Lokasinya pun bergeser, dari yang sebelumnya di Monas, pada tahun 1992 dipindahkan ke lahan seluas 44 hektar di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat.

Jakarta Fair
Sumber: tribunnews.com


Walaupun banyak yang bilang bahwa Jakarta macet dan banjir, Jakarta selalu punya daya tariknya tersendiri, meskipun sudah berumur hampir 5 abad. Selamat Ulang Tahun yang ke-452 Jakarta! Jaya Raya!

0 Comments