span 1 span 2 span 2

News

Sekolah Kepribadian Terbaik di Indonesia
Oleh : Aldrian Risjad
12 Agustus 2019
Dibaca Normal 3 Menit

News Overview

Sekolah Kepribadian
Sumber: blogspot.com

Selain sekolah formal yang biasanya berorientasi akademis, terdapat sekolah yang mengajarkan hal-hal bersifat informal, seperti cara berperilaku, cara bersosialisasi, hingga cara bersuara. Lembaga yang memfokuskan pendidikannya pada sektor informal seperti hal yang telah disebutkan sebelumnya adalah sekolah kepribadian.

Sekolah kepribadian pun dibedakan berdasarkan murid-murid yang mengikutinya. Jika murid-muridnya merupakan karyawan atau seseorang yang bekerja di dunia professional, materinya akan berkisar pada ilmu-ilmu berorganisasi dan juga tentang menjaga relasi eksternal. Selain itu, para karyawan yang menjadi murid di sekolah kepribadian juga akan diajarkan etika berbisnis dan juga table manner; yang merupakan seperangkat etika di atas meja makan.

Pada sekolah kepribadian yang ditujukan untuk peserta umum, materi yang diajarkan akan bersifat umum juga, seperti ekspresi suara dan tubuh, cara berdiri, cara duduk, cara berjalan, hingga cara memutar badan. Keahlian yang diajarkan seperti ekspresi suara dan sikap tubuh merupakan keahlian yang berguna ketika bersosialisasi baik di dunia professional maupun non professional.

Keahlian ekspresi suara sangat dibutuhkan bagi seseorang yang harus sering berbicara di publik, seperti pembawa berita, penyiar radio, hingga presentator. Selain itu, sikap tubuh yang baik akan memberikan kesan pertama yang baik ketika berkenalan dengan orang baru.

Berikut sekolah kepribadian terbaik di Indonesia.


John Robert Powers
 

JRP
Sumber: marketing.co.id

Sekolah kepribadian John Robert Powers sudah berdiri sejak tahun 1985, didirikan oleh Indayati Oetomo. Kurikulum yang ditetapkan oleh John Robert Powers juga sudah terbilang tepat, yaitu 40% materi teoritis dan 60% materi praktik; mengingat keahlian yang diajarkan lebih bersifat praktik.

Program pengajarannya juga cukup beragam mulai dari pengembangan pribadi, pelatihan manajemen dan komunikasi, program anak, hingga industri hiburan. Sekolah kepribadian ini kini dapat ditemui di Kuningan dan Kelapa Gading (Jakarta), Bali, Medan, serta Surabaya.

Lembaga Pendidikan Duta Bangsa
 

Duta Bangsa
Sumber: udb.beasiswakuliah.net

Duta Bangsa merupakan sekolah kepribadian yang digagaskan oleh Mien Uno dan Drg. Anita Ratnasari. Di sekolah ini, akan diajarkan berbagai aspek pendidikan karakter seperti sikap tubuh, etika berbusana, etika makan, dan etika berkomunikasi. Keuntungan dari mengikuti sekolah kepribadian di Duta Bangsa adalah anggota kelas yang lebih sedikit sehingga bisa belajar dengan lebih intens.

Lembaga Pendidikan Ratih Sanggarwati
 

Sebagai seorang mantan peragawati, Ratih Sanggarwati mendirikan sekolah kepribadian yang berfokus pada materi pembentukan citra diri, optimalisasi diri, kemampuan berbicara, kegiatan outdoor, bahasa Arab, dan bahasa Mandarin. Biasanya, peserta LPRS merupakan peragawati atau model. Bedanya dengan yang lain, LPRS berfokus dalam membentuk model yang bernuansa Islami. Oleh karenanya, LPRS juga membahas cara dan etika pergaulan islami serta tata busana Islami.


Sebagai sebuah sekolah yang berfokus pada bidang kepribadian, materi yang diajarkan di sekolah kepribadian biasanya tidak diajarkan di sekolah-sekolah formal. Atas alasan itulah, sekolah ini tetap dibutuhkan dan memiliki peminatnya. Sekolah kepribadian juga memiliki treatment layaknya kursus yang artinya dapat diambil sembari menjalankan kesibukan tertentu.

0 Comments