span 1 span 2 span 2

News

Sebab Kamu Stres Akademik, Tilik dari Sekarang!
Oleh : Bella Karina Arviyanti
08 April 2019
Dibaca Normal 3 Menit

News Overview

Dear, tiap mikirin sekolah buat kamu pusing tanpa tahu kenapa? Kamu harus cek sebab kamu stres akademik sebelum terlambat! Banyak tuntutan akademis yang membebani murid di sekolah, keinginan untuk memiliki nilai sempurna, hubungan dengan teman sebaya, kompetisi antar murid, dan beban kelas yang sulit.

Berikut beberapa sebab kamu stres akademik yang biasa dialami oleh mayoritas pelajar di sekolah.


Akademik Akar dari Stres Siswa?
 

akademik membuat stres
Sumber: pexels.com

Sumber stres yang signifikan bagi siswa adalah tekanan akademik. Mencakup rasa takut ketinggalan tugas - tugas sekolah, menemukan motivasi untuk belajar, tekanan waktu, kekhawatiran finansial dan kemampuan akademik.

Memenuhi standar akademik, manajemen waktu, hasil nilai yang diperoleh juga memicu stres yang dialami pelajar di sekolah. Sumber - sumber ini seolah siklus yang dialami sepanjang rentang karir akademis siswa dan bisa mengakibatkan tekanan untuk perjalanan akademik mereka.

Tekanan Orang Tua yang Terasa Tidak Ada Habisnya
 

tuntutan orang tua
Sumber: independent.co.uk

Dalam upaya membimbing anaknya, orang tua bisa menjadi salah satu penyebab utama stres pada siswa. Orang tua ingin melihat nilai bagus dan sukses pula di bidang kehidupan yang lain.

Banyak orang tua yang mungkin kurang mengerti bagaimana anaknya tertekan. Sehingga cenderung menekan daripada memberikan dukungan dengan memberikan waktu luang untuk mengajarkan teknik manajemen stres bagi putra - putrinya.

baca juga: Kuliah buat Mahasiswa Stres, Masih Mau Lanjut?

Hubungan yang Kompleks Dengan Teman Sebaya Maupun Kekasih
 


Sumber: freepik.com

Kehidupan siswa tak hanya diisi dengan akademis saja, hubungan dengan teman maupun lawan jenis pun mengisi waktu mereka. Galau pacar, sibuk kencan, gagal pdkt (pendekatan) bisa menyusahkan pikiran dan menjadi sebab stres pada siswa.

Begitu pula dengan teman sebaya. Dalam berteman, siswa mungkin tertekan dengan perilaku kawan, cara berpakaian, memilih teman yang tepat, tempat kumpul untuk ngobrol, dan masih banyak lagi.

Sebab Kamu Stres Akademik Adalah Persepsi Pribadi Terhadap Performa Sendiri
 

pesimis
Sumber: freepik.com

Sumber lain yang umumnya terkait dengan persepsi diri dari akademik siswa berkaitan dengan karakteristik kepribadian, kecerdasan, prestasi akademik mereka di masa lalu, dan sumber lingkungan akademik lainnya.

baca juga: Mengenal Adiksi: Definisi, Komponen, dan Ciri

Ketika siswa meremehkan kemampuan diri sendiri atau melebih-lebihkan konsekuensi yang berkaitan dengan kegagalan mereka, maka disertai dengan kinerja yang buruk dan tingkat kecemasan yang tinggi. Kurang lebih seperti itu Dear, beberapa sebab yang sangat mungkin membuat kamu stres akademik.


Konten ini merupakan kerjasama antara Kinibisa dengan Riliv. Riliv adalah startup konseling online dengan psikologi nomor 1 di Indonesia. Riliv senantiasa mengajak masyarakat untuk lebih sadar dengan kesehatan mental mereka.

0 Comments