span 1 span 2 span 2

News

Redamlah Gengsimu, Maka Kamu Akan Bahagia!
Oleh : Barlyant Vici Wijaya
07 Januari 2020
Dibaca Normal 5 Menit

News Overview

Pasti kalian sering mendengar nasihat atau anjuran untuk selalu bersyukur dengan apa yang sudah kalian punya. Semakin banyak kalian bersyukur maka akan semakin bahagia pula dalam menjalani hidup. Dan hidup sederhana serta berkecukupan masih bisa membuat kebahagian, asalkan selalu mengingat kata syukur serta tidak termakan oleh gengsi.

Nyatanya kalian bisa bertahan hidup sampai saat ini karena telah tercukupinya hal-hal yang sesuai dengan kebutuhan kalian. Tidak perlu berlebih, asalkan semuanya terpenuhi pasti sudah bisa membuat kalian menjalani hari dengan baik. Namun terkedang hanya karena masalah gengsi, hidup yang kalian jalani seolah-olah menjadi berat.

Sampai akhirnya kalian selalu merasa kurang puas dengan apa yang sudah kalian dapatkan, hingga kalian hidup dengan tuntutan sosial yang sudah dikonstruksikan di dalam masyarakat.


 Prioritaskan Diri Kalian Bukan Orang Lain
 

prioritaskan diri sendiri
Sumber: jakpost.net

Secara tidak sadar gengsi yang kalian miliki adalah tanda bahwa kalian belum bisa memperioritaskan diri kalian sendiri, kalian masih sering memperioritaskan orang lain untuk menilai seberapa besar kemampuan yang kalian miliki. Padahal orang lain juga belum tentu menghargai keberadaan kalian hanya karena kalian mempunyai barang tertentu.

Belum lagi masalah kepemilikan barang, terkadang orang yang gede gengsi hanya ingin status sosial mereka naik di dalam masyarakat, tetapi peran dan fungsinya terkadang mengalami disfungsi. Padahal apa yang kalian butuhkan dalam hidup hanyalah benda dan barang yang memang kalian butuhkan, bukan yang kalian inginkan.

Hidup Minimalis Tidak Ada Salahnya
 

Hidup minimalis
Sumber: ytimg.com

Tidak ada salahnya dalam menjalani hidup dengan cara minimalis, justru dengan menjalani hidup dengan minimalis kalian akan merasa hidup itu tidak rumit dan jauh lebih tenang. Maksud dari hidup minimalis itu adalah hidup dengan sedikit barang yang kalian punya, maka akan berguna semua barang yang kalian punya.

Tidak hanya itu hidup minimalis juga dapat diartikan sebagai hidup sederhana dalam apapun yang kalian jalani dalam hidup, seperti fungsinya makan adalah untuk kalian bisa bertahan hidup, jadi apa salahnya makan secara sederhana dan tidak berlebih? Asalkan kebutuhan gizi terpenuhi dan seimbang, makan secara sederhana tidak ada salahnya.

Gengsi Tidak Akan Pernah Ada Batasnya
 

gengsi
Sumber: tstatic.net

Memang sesuatu hal yang alami jika manusia tidak akan pernah merasa puas, dan ingin terlihat unggul dari orang lain. Namun terkadang dalam menjalani hidup, seorang manusia butuh rehat sejenak untuk menyeimbangkan hidup. Dan salah satu cara untuk seorang manusia bisa menyeimbangkan hidup adalah dengan mengingat adanya kata syukur.

Bersyukur telah mendapatkan barang-barang yang kalian punya sekarang, padahal belum tentu orang lain mempunyai barang-barang tersebut. Bersyukur dengan segala fasilitas yang kalian dapatkan, padahaln masih banyak orang lain yang berjuang untuk mendapatkan fasilitas yang kalian punya.

Bahagia Setiap Orang Berbeda
 

bahagia berbed-beda
Sumber: awenekcreatives.com

Ukuran kebahagian setiap orang berbeda-beda, namun sumber dari kebahagian setiap orang adalah satu, yaitu merasakan ketenangan batin. Hal tersebut begitu sangat mendasar dan tidak ada hubungannya dengan materi. Kalian masih ingat dengan lirik lagu “hati senang walau pun tak punya uang”?

Sekiranya lirik lagu tersebut bisa menggambarkan maksud dari sumber dari kebahagian setiap orang yaitu merasakan ketenang batin, hanya ukurannya saja berbeda-beda dalam mendapatkan kebahagian tersebut. Namun untuk dapat merasakan ketenangan batin, seorang manusia harus hidup penuh rasa syukur dan senantiasa berpikir positif.

Kebutuhan Akan Masa Depan Lebih Penting
 

Jika kalian masih sering menghabiskan uang yang kalian punya hanya untuk menafkahi gengsi. Kalian harus mulai berpikir ulang jika kalian ingin melakukan hal tersebut dikemudian hari. Menafkahi gengsi memang dapat membuat diri kalian senang, tetapi apakah kepuasan tersebut akan bisa membuat kalian bertahan di masa depan?

Semakin bertambahnya usia, semakin banyak juga kebutuhan yang harus kalian penuhi. Jika kalian masih sering dalam menafkahi gengsi, bukankah itu hanya akan membuat susah hidup kalian di masa yang akan datang? Sejatinya kebutuhan kalian di masa depan jauh lebih penting dari gensi yang kalian punya.

Kelihatan Punya Uang dan Benar-Benar Punya Uang Itu Berbeda
 

Yang harus kalian ingat adalah semua orang itu bisa kelihatan punya uang, tetapi tidak semua orang bisa benar-benar mempunyai uang. Tidak ada salahnya jika kalian ingin membeli barang baru setiap bulannya dari uang jajan atau gaji yang kalian miliki, namun setelah membeli barang tersebut apakah kalian mempunyai sisa uang?

Kelihatan punya uang dan benar-benar punya uang itu berbeda, jika kalian mau kelihatan punya uang berarti kalian tidak akan benar-benar punya uang. Membelanjakan uang kalian dengan cerdas adalah kunci jika kalian ingi terlihat punya uang dan benar-benar punya uang.


Setiap orang diciptakan berbeda-beda, namun kenapa kalian ingin terlihat sama seperti orang lain? Percayalah, meredamkan gengsi akan membuat hidup kalian jauh lebih bahagia daripada sebelumnya. 

0 Comments