span 1 span 2 span 2

News

Perhatikan 5 Hal ini Sebelum Masuk Organisasi
Oleh : Samy Farrasady
30 April 2019
Dibaca Normal 3 Menit

News Overview

Organisasi

Organisasi merupakan wadah kegiatan mahasiswa untuk mencari pengalaman dan pengembangan diri. Selain sibuk berkuliah, berorganisasi adalah hal yang tepat untuk membuat kegiatan kuliah lebih produktif karena dengan bergabung dalam suatu organisasi, kita akan mendapatkan berbagai manfaat untuk kedepannya.

Di organisasi ini kalian akan mendapatkan banyak sekali ilmu dan pelajaran yang kalian tidak dapatkan pada perkuliahan, seperti melatih berkomunikasi pada orang banyak, cara bekerjasama yang baik, mengatur manajemen waktu yang baik, serta membangun jiwa kepemimpinan.


Berikut ini adalah 5 hal penting yang harus kalian perhatikan sebelum masuk organisasi:

Minat dan Bakat
 

Minat dan Bakat
Sumber: officedynamics-systm.netdna-ssl.com

Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum masuk organisasi adalah mengetahui minat dan bakat dalam diri. Hal ini untuk menghindari rasa bosan dalam melakukan kegiatan organisasi. Kalian akan lebih produktif dan senang menjalani kegiatan organisasi apabila organisasi tersebut sesuai dengan minat dan bakat kalian. Pilih lah organisasi yang sesuai dan dapat membantu kalian untuk mengembangkan potensi-potensi yang ada.

Tujuan
 

Tujuan
Sumber: usabilitygeek.com

Pastikan kalian sudah mengetahui tujuan dari organisasi yang ingin dimasuki karena organisasi pasti memiliki visi dan misi yang berbeda dengan organisasi lainnya untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan.

Tentunya akan lebih baik jika organisasi yang kalian tuju memiliki visi dan misi yang sama dengan kalian untuk mencapai tujuan. Hal ini berguna untuk memudahkan kalian agar diterima di organisasi tersebut.

Manfaat
 

Manfaat
Sumber: workwisellc.com

Dengan bergabung di organisasi, pastikan kalian juga mendapatkan manfaat untuk diri kalian. Kegiatan-kegiatan organisasi yang sudah dilakukan akan membuat kalian menjadi lebih berpengalaman di dunia kerja serta pahami lingkungan sekitar organisasi untuk mengambil nilai plus atau manfaat lebih banyak lagi dari ruang lingkup organisasi itu sendiri.

baca juga: Tips agar Lebih Produktif

Waktu
 

waktu
Sumber: jewellutt.com

Untuk masuk kedalam organisasi, tentunya kita juga harus meluangkan lebih banyak waktu kita untuk berorganisasi. Hal ini tentu tidak boleh luput dari pertimbangan kalian yang ingin masuk organisasi. Kalian harus memiliki manajemen waktu yang baik untuk mengatur kegiatan mana yang harus diprioritaskan. Atur lah waktu sebaik-baik mungkin agar kegiatan organisasi dan kegiatan lain tidak terganggu.

Komitmen
 

komitmen
Sumber: tasidola.com

Salah satu hal terpenting sebelum masuk organisasi adalah berkomitmen. Hal ini menjadi patokan seberapa besar niat kalian untuk bergabung dan berkontribusi pada organisasi. Dengan komitmen yang tinggi akan membuat kalian lebih semangat beraktivitas dan berkegiatan dalam organisasi. Begitupun sebaliknya, komitmen yang rendah akan membuat kalian kurang aktif di organisasi dan menyebabkan kerugian pada organisasi.

baca juga: Tips Masuk PTN

Oleh karena itu, sebelum terjun ke dunia organisasi, kalian harus memiliki komitmen yang tinggi agar dapat beraktivitas dan berkontribusi besar terhadap organisasi.


Itu dia 5 hal yang harus diperhatikan sebelum kalian memilih untuk bergabung pada suatu organisasi. Dengan bergabung ke dalam suatu organisasi, kalian tidak hanya memberikan keuntungan pada organisasi itu, tetapi juga dapat melatih dan mengembangkan kemampuan kalian di berbagai bidang yang bermanfaat untuk masa depan. Semoga bermanfaat!

0 Comments