span 1 span 2 span 2

News

Peran Orang Tua dalam Membantu Sang Anak Menentukan Jurusan Kuliah
Oleh : Halimah Nusyirwan
18 Desember 2018
Dibaca Normal 4 Menit

News Overview

Menentukan masa depan, seperti jurusan kuliah, memang tidak bisa dianggap remeh. Memilih jurusan kuliah merupakan hal yang krusial karena akan berdampak pada masa depan orang tersebut nantinya. Sebagai orang tua, tentu mereka memiliki peran penting dalam membantu sang anak menentukan pilihan hidupnya. Akan tetapi, sang anak juga memiliki kebebasan dalam memilih apa yang baik untuk diri mereka. Seperti apa peran orang tua dan sang anak dalam memilih jurusan?


Keluarga merupakan pilar utama dalam pertumbuhan dan perkembangan anak. Peran keluarga juga menentukan kepribadian sang anak dan bagaimana ia tumbuh di tengah masyarakat lainnya. Maka dari itu, tak dipungkiri bahwa orang tua memiliki peran yang besar dalam menentukan masa depan anaknya.

Banyak dari anak-anak saat ini yang merasa terbebani dengan peran orang tuanya. Mereka merasa bahwa banyak dari para orang tua yang memaksakan kehendak dan keinginan mereka pada anaknya. Hal ini tentu bukanlah hal yang baik. Kebanyakan dari anak yang dipaksa oleh orang tuanya akan merasa tertekan dan tidak nyaman ketika menjalani pilihan orang tuanya tersebut, terutama jika pilihan itu bertolak belakang dengan pilihan sang anak.

Peran Orang Tua
 

Sebagai orang tua, tentu memiliki hak dan kewajiban dalam membantu sang anak dalam menentukan pilihan hidupnya. Meskipun begitu, banyak dari orang tua yang menyalahgunakan hak serta kewajiban mereka dengan memaksakan keinginan mereka pada anaknya tanpa menanyakan apa yang diinginkan oleh sang anak. Apakah pilihan sang anak selaras dengan pilihan orang tua? Dan kalau tidak, apakah orang tuanya melakukan tindakan yang baik dengan memaksakan kehendak mereka?

Kasus orang tua yang memaksakan keinginan mereka pada sang anak biasanya akan berakhir pada rusaknya hubungan keluarga. Sang anak akan tertekan dan tidak menikmati sekolah karena mereka tidak menyukai jurusannya sendiri. Hal ini tentu akan berdampak pada nilai kuliah mereka nanti yang mungkin tidak memuaskan karena hilangnya rasa tanggung jawab mereka pada jurusan tersebut. Selain itu, mereka juga akan terus menyalahkan orang tuanya pada setiap kesalahan yang terjadi pada mereka.

Orang tua yang memaksakan kehendak mereka biasanya mengalami hal serupa ketika mereka sekolah dulu. Banyak dari para orang tua ini yang tidak bisa menjalani pilihan mereka akibat permintaan orang tua atau berbagai faktor lainnya. Alhasil, impian mereka yang terpendam tersebut mereka limpahkan ke anaknya yang belum tentu memiliki impian yang sama dengan orang tuanya. Lalu bagaimana seharusnya orang tua bersikap dan bertindak dalam membantu sang anak menentukan jurusannya?

  • Kenali Sang Anak
     

kenali sang anak
Sumber: freepik.com

Orang tua wajib mengenal anaknya sendiri, baik dari kepribadian sampai bakatnya. Bangunlah komunikasi yang baik dengan sang anak guna mengenali siapa anak kalian yang sebenarnya. Dengan begitu, orang tua juga dapat mengamati potensi apa saja yang anak mereka miliki yang dapat berguna bagi masa depan mereka. Kenali minat dan bakat sang anak agar para orang tua tahu seberapa besar dan sebatas apa kemampuan anaknya. Hal ini tentu akan berguna dalam membantu sang anak dalam memilih jurusan terbaik yang sesuai dengan mereka untuk menghindari kasus salah pilih jurusan.

  • Orang tua sebagai Fasilitator
     

orang tua sebagai fasilitator
Sumber: freepik.com

Daripada memaksakan keinginan, orang tua sebaiknya berperan sebagai fasilitator untuk anaknya. Berikanlah kebebasan pada sang anak untuk memilih jurusan yang mereka inginkan dan ajarkan pada mereka untuk tanggung jawab pada pilihannya tersebut. Pengalaman serta pengetahuan yang orang tua miliki tentu akan sangat berguna untuk sang anak dalam menentukan masa depan mereka.

baca juga: Info Universitas

Dengan kelebihan tersebut, orang tua dapat membantu sang anak dalam memilih pilihan yang nantinya akan membawa sang anak pada kesuksesannya sendiri. Jika sang anak memilih sesuatu yang mungkin kurang baik atau cocok untuknya, orang tua dapat mengarahkan, membimbing, dan mengawasi sang anak untuk memilih apa yang terbaik untuk mereka sesuai dengan kemampuan dan bakat yang mereka miliki.

  • Mengajarkan Tanggung Jawab dan Kemandirian
     

sukses
Sumber: freepik.com

Biarkan sang anak mengenali diri mereka sendiri. Dengan begitu, mereka akan menjadi lebih aktif dalam mencari tahu dan mengexplore jurusan-jurusan serta kampus yang sesuai dengan diri mereka. Kebebasan memilih yang diberikan oleh orang tua akan membuat mereka menjadi bertanggung jawab pada hidupnya sendiri. Kebebasan tersebut akan membuat mereka lebih hati-hati dan tidak ceroboh dalam mengambil keputusan karena rasa tanggung jawab dari kepercayaan yang orang tuanya berikan.

Selain itu, sang anak akan menjadi lebih mandiri karena mereka tidak lagi bergantung pada orang tuanya. Mereka akan belajar menentukan jalan hidupnya sendiri tanpa harus selalu meminta orang tuanya memilih sesuatu untuk mereka. Hal ini akan mengajarkan mereka untuk menjadi dewasa dalam menghadapi tantangan hidupnya kelak.


Dengan membimbing sang anak dalam memilih jurusan tanpa memaksakan kehendak akan membuat sang anak lebih menikmati jalan hidupnya dan tentunya menjadi lebih mandiri dan bertanggung jawab sebab jurusan yang mereka pilih adalah pilihan yang mereka buat sendiri. Tentu setiap orang tua menginginkan yang terbaik untuk anaknya.

Jika para orang tua memiliki harapan dan keinginan tersendiri, coba sampaikan hal tersebut dengan baik-baik dan diskusikan bersama guna menemukan jalan keluar yang terbaik, yang tentunya akan memuaskan seluruh pihak yang terkait. Dengan begitu, komunikasi dan hubungan antara orang tua dengan anak akan selalu terjalin dengan harmonis dan saling menghormati satu sama lainnya.

0 Comments