span 1 span 2 span 2

News

Pentingnya Vaksin Bagi Hewan
Oleh : Avellino Dwido
24 Juni 2019
Dibaca Normal 3 Menit

News Overview

Hewan peliharaan banyak menjadi pilihan sebagai cara mengurangi stres bagi banyak orang. Anjing atau kucing adalah beberapa hewan yang seringkali kita temui sebagai hewan peliharaan. Bentuk dan tingkah lakunya yang menggemaskan dipercaya dapat mengurangi stres. Tidak jarang hewan peliharaan pun dianggap sebagai salah satu anggota keluarga di rumah. Namun, selain harus diberikan makan, minum, dan tempat tinggal, penting juga untuk memperhatikan kesehatan hewan peliharaan kita lho.

Nah, salah satunya adalah dengan memberikannya vaksin.Hewan peliharaan banyak menjadi pilihan sebagai cara mengurangi stres bagi banyak orang. Anjing atau kucing adalah beberapa hewan yang seringkali kita temui sebagai hewan peliharaan. Bentuk dan tingkah lakunya yang menggemaskan dipercaya dapat mengurangi stres.

Tidak jarang hewan peliharaan pun dianggap sebagai salah satu anggota keluarga di rumah. Namun, selain harus diberikan makan, minum, dan tempat tinggal, penting juga untuk memperhatikan kesehatan hewan peliharaan kita lho dan salah satunya adalah dengan memberikannya vaksin.


Apa Itu Vaksin?
 

Vaksin merupakan salah satu langkah dalam mencegah hewan terserang penyakit atau menularkan penyakit kepada pemiliknya. Pada dasarnya, vaksin diberikan untuk membentuk sistem imun yang kebal terhadap suatu penyakit yang disebabkan oleh bakteri atau virus pada hewan peliharaan. Vaksin dapat berupa organisme hidup yang sudah dilemahkan (live attenuated), organisme yang sudah mati (killed atau inactivated vaccine), dan vaksin rekombinan atau vaksin yang hanya mengandung satu virus yang berperan penting dalam suatu penyakit dan diperbanyak.

Kucing
Sumber: pexels.com

Sebelumnya vaksin sudah diuji untuk memastikan bahwa vaksin tersebut aman serta efektif dalam mencegah penyakit pada hewan dan menularkannya pada manusia. Vaksin biasa diberikan pada hewan dengan cara disuntikan ke dalam tubuh hewan, dengan nasal, ataupun oral.

Kenapa Vaksin Penting dan Apa Dampaknya?
 

Vaksin menjadi suatu hal yang sangat penting diberikan bagi hewan. Vaksin dapat merangsang sistem imun pada hewan menjadi kebal terhadap penyakit dan menjaga hewan agar tetap sehat. Vaksin diberikan satu tahun sekali dan dalam beberapa tahapan.

Baca juga: Sejarah Perkembangan Kopi di Dunia

Untuk kucing, terdapat 5 vaksin yang biasa diberikan, yakni vaksin Felocell 3 (F3) diberikan pada usia 3 sampai 12 bulan untuk mencegah penyakit gangguan pernapasan (rhinotracheitis), penyakit mulut (calicivirus), dan penyakit organ vital (panleukopenia). Lalu sebulan kemudian dapat diberikan vaksin F3 ditambah vaksin chlamydia, untuk mencegah penyakit mata. Satu tahun kemudian baru diberikan vaksin rabies, yang diberikan rutin satu tahun sekali selama 3 sampai 4 tahun.

Kucing disuntik
Sumber: freepik.com

Untuk anjing, vaksin yang diberikan lebih banyak, yaitu ada 7 vaksin. Vaksin untuk mencegah penyakit gangguan saluran pencernaan (parvovirus), penyakit pernapasan (distemper), batuk ringan (parainfluenza), fungsi hati (hepatitis), radang pencernaan (coronavirus), dan penyakit yang disebabkan oleh kotoran tikus (leptospirosis). Lalu vaksin tersebut diberikan lagi satu bulan setelahnya, ditambah dengan vaksin bordetella untuk mencegah penyakit batuk. Dan yang terakhir vaksin rabies yang masa pengulangannya sama dengan kucing.

Rabies merupakan salah satu vaksin yang wajib diberikan pada hewan peliharaan. Selain karena rabies merupakan salah satu virus yang berbahaya bagi hewan peliharaan, rabies juga dapat ditularkan hewan peliharaan kepada pemiliknya atau manusia. Virus rabies dapat menyebabkan kematian bagi hewan maupun pemiliknya. Dampak yang sangat merugikan, bukan? Oleh karena itu, penting untuk diketahui bahwa vaksin, khususnya rabies, penting diberikan untuk hewan sejak kecil.

Hewan Apa Saja yang Perlu Divaksin?
 

Vaksin biasa diberikan untuk hewan-hewan yang biasa dijadikan hewan peliharaan di rumah, atau tidak jarang juga diberikan untuk hewan-hewan yang rawan terjangkit penyakit rabies, seperti anjing, kucing, dan monyet. Hewan-hewan tersebut merupakan hewan yang sering kita jumpai disekitar kita dan rentan terjangkit penyakit rabies.

Anjing
Sumber: pexels.com

Selain hewan peliharaan, hewan ternak pun juga biasa diberikan vaksin. Tujuannya sama, untuk mencegah hewan ternak tertular penyakit yang disebabkan oleh parasit atau virus, serta menjaga agar hewan-hewan ternak tersebut tetap dalam kondisi sehat.


Sudah paham kan betapa pentingnya vaksin bagi kesehatan hewan yang kita pelihara di rumah, maupun kesehatan kita sebagai pemiliknya? Selain sebagai alasan kesehatan, pemberian vaksin bagi hewan juga merupakan suatu bentuk kasih sayang yang kita berikan terhadap mereka. Yuk sayangi hewan peliharaan kita dan jaga kesehatan dengan memberikan vaksin secara lengkap!

Baca juga: Info Event

0 Comments