span 1 span 2 span 2

News

Pengertian, Ciri dan Karakter Ekstrovert
Oleh : Barlyant Vici Wijaya
31 Oktober 2019
Dibaca Normal 3 Menit

News Overview

Jika kepribadian introvert lebih suka menghabiskan waktu bersama dirinya sendiri. Ini justru sangat berbeda dengan seseorang yang memiliki kepribadian ekstrovert. Kepribadian ekstrovert dikenal lebih antusias dalam hal pergaulan, dan berikut adalah pengertian, ciri, dan karakter ekstrovert:


Pengertian Ekstrovert
 

ekstrovert
Sumber: si.wsj.net

Exkstrovert adalah kebalikan dari introvert, ekstovert lebih menyukai lingkungan yang interaktif dan dinamis. Ekstrovert sangat antusias dengan hal-hal baru, serta mudah dalam mencari tempat bergaul, ini karena seorang ekstrovert dikenal lebih mendominasi dengan sifat yang mereka punya.

Bagi seorang ekstrovert berinteraksi dengan orang lain, melakukan aktivitas sosial dan bertukar informasi dengan orang banyak adalah hal yang biasa dilakukan, ini karena seorang ekstrovert memiliki naluri yang berorientasi kepada lingkungan. Mereka justru akan mendapatkan kebahagian dari hubungan dan relasi dari lingkungan sekitarnya.

Ciri-Ciri Ekstrovert
 

ekstrovert
Sumber: aviaryrecoverycenter.com

Ciri-ciri dari seseorang yang memilik kepribadian ekstrovert adalah mereka selalu terlihat antusias dan bersemangat dalam hal baru. Senang berkumpul dengan banyak orang, dan cenderung spontan dalam melakukan sesuatu serta berbicara. Mereka yang ekstrovert juga pandai dalam hal mencairkan suasana.

Selain itu, ciri-ciri dari ekstrovert lainnya adalah mereka senang menjadi pusat perhatian, dan memiliki rasa percaya diri yang lebih tinggi daripada mereka yang introvert. Seorang exktrovert juga dicirikan dengan pembawaannya yang tegas, serta senang melakukan aktivitas secara berkelompok.

Karakter Ekstrovert
 

ekstrovert
Sumber: connectionsacademy.com

Kebanyakan orang yang memiliki karakter ekstrovert adalah mereka tidak suka dengan kesendirian dan akan merasa uring-uringan bila terlalu lama sendiri. Mereka selalu mempunyai alasan untuk bisa mengobrol dengan orang lain, karakter ekstrovert juga dikenal dengan tipikal yang mempunyai banyak kegiatan.

JIka merasa stres dan jenuh, seorang ekstrovert butuh orang lain untuk bisa diajak ngobrol atau sekedar berjalan santai. Tidak hanya itu, karakter ekstrovert juga dikenal dengan mereka yang suka diperhatikan orang lain dan mereka biasanya juga memiliki jiwa pemimpin.

Paradigma yang Salah Terhadap Ekstrovert

Nyatanya seorang ekstrovert belum tentu selalu terlihat bahagia dari mereka yang memiliki kepribadian introvert. Mau itu ekstrovert ataupun introvert, mereka mempunyai caranya masing-masing untuk bahagia.

Selain itu yang masih salah kaprah dari kepribadian ekstrovert adalah mereka tidak suka sendiri dan suasana tenang, padahal setiap orang membutuhkan ‘me time’ hanya saja memang takarannya berbeda.


Itu dia pengertian, ciri dan karakteristik ekstrovert yang bisa kalian ketahui secara umum. Ingat ya! Bagi seorang ekstrovert ramai itu belum tentu bersama-sama.

0 Comments