span 1 span 2 span 2

News

Pengertian, Ciri dan Karakter Ambivert
Oleh : Barlyant Vici Wijaya
31 Oktober 2019
Dibaca Normal 3 Menit

News Overview

Jika ekstrovert adalah seseorang dengan kepribadian yang menyukai aktivitas luar ruangan, dan introvert adalah seseorang dengan kepribadian yang lebih suka menyendiri. Maka ambivert adalah kepribadian yang merupakan gabungan dari introvert dan ekstrovert. Berikut adalah pengertian, ciri, dan karakter ambivert:


Pengertian Ambivert
 

ambivert
Sumber: entrepreneur.com

Ambivert adalah garis tengah antara introvert dan ekstrovert, seseorang yang mempunyai kepribadian ambivert adalah orang yang mempunyai kepribadian introvert dan juga ekstrovert, hanya saja salah satu kepribadiannya mungkin sedikit lebih mendominasi.

Kepribadian ambivert juga biasanya dapat memperlihatkan kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh kepribadian introvert dan ekstrovert. Tidak heran jika kepribadian ambivert nyatanya memang lebih sedikit daripada introvert dan juga ekstrovert, hal ini karena ambivert adalah gabungan dari sisi keduannya.

Ciri-Ciri Ambivert
 

ambivertSumber: forbes.com

Ciri-ciri dari ambivert adalah mereka senang melakukan sosialisasi penuh layaknya kepribadian ekstrovert, namun dilain sisi mereka membutuhkan waktu untuk menyediri dan tidak suka jika area privasinya ada orang lain. Senang berada di tengah kerumunan, namun cenderung tidak melakukan interaksi.

Selain itu ciri dari ambivert lainnya adalah mereka dapat menyesuaikan lawan bicaranya. Nyaman dengan lingkungan luar, namun cenderung ingin cepat mendapatkan tempat untuk sendiri, dan biasanya seorang ambivert bingung ketika dihadapkan pilihan untuk menikmati waktu sendiri atau bersama teman-teman.

Karakter Ambivert
 

ambivert
Sumber: cloudfront.net

Karakter ambivert biasanya dapat menyesuaikan diri dengan suasana ramai ataupun sepi, mampu bekerja maksimal secara sendiri dan juga kelompok. Ambivert juga cenderung lebih fleksibel dengan situasi apapun. Mempunyai emosi yang lebih stabil dan lebih menggunakan intuisi sebelum melakukan sesuatu.

Karakter ambivert biasanya juga mereka cukup berpengaruh di lingkungan sosialnya, ini karena karakter ambivert adalah karakter yang mempunyai kelebihan dari karakter introvert dan ekstrovert. Tidak heran bila karaktert ambivert bisa lebih berpontensi menjadi seorang pemimpin.

Paradigma yang Salah Terhadap Ambivert
 

Seorang ambivert biasanya sering dikatakan aneh karena mereka dapat bersikap ceria, namun juga bisa sangat menutup diri. Padahal seorang ambivert hanya mengikuti intuisinya saja, untuk dapat bersikap layaknya seorang yang heboh seperti ekstrovert dan diam layaknya introvert.


Itu dia pengertian, ciri, dan karakteristik dari kepribadian ambivert yang bisa kalian ketahui secara umum. Ingat ya! Bagi seorang ambivert sepi dan ramai itu adalah hal yang biasa.

0 Comments