span 1 span 2 span 2

News

Millennials Festival : Aksi Nyata Anak Muda untuk Indonesia
Oleh : Halimah Nusyirwan
02 November 2018
Dibaca Normal 4 Menit

News Overview

Berangkat dari pandangan bahwa generasi milenial adalah generasi yang akan menentukan dan memimpin di masa depan, maka penting rasanya untuk generasi ini memiliki optimisme terhadap Indonesia. Atas dasar itulah Mefest.id lahir. Mefest.id adalah perkumpulan anak muda yang memiliki semangat serta optimisme terhadap masa depan Indonesia, dan ingin menyebarkan semangat ini kepada seluruh generasi milenial untuk turut berkontribusi dalam wujud ide dan aksi nyata untuk kemajuan Indonesia.



Sumber: Dok. Kinibisa

Sebagai langkah awal, kami menyelenggarakan Gelar Wicara bertajuk “Kita untuk Pembangunan Indonesia” yang telah berlangsung di Cinema XXI Epicentrum Walk, Kuningan, Jakarta Selatan, pada hari Sabtu, 29 September 2018, pukul 14.00 sampai 17.15 WIB. Menteri Keuangan Republik Indonesia Sri Mulyani Indrawati, CEO Gopay Indonesia Aldi Haryopratomo dan Komisaris Utama Shopee International Indonesia Pandu Patria Sjahrir akan hadir sebagai pembicara utama. Selain itu, Ge Pamungkas akan berperan sebagai moderator dan akan dimeriahkan pula oleh penyanyi Adera. Sebanyak 500 anak muda berusia sekitar 17- 35 tahun sudah mendaftarkan diri untuk menjadi peserta.

Gelar Wicara kali ini membahas isu perekonomian Indonesia yang kini sedang berkembang, khususnya dengan keberadaan teknologi digital serta isu ekonomi yang sedang marak diperbincangkan oleh masyarakat. Melihat kondisi ekonomi di Indonesia, Sri Mulyani, selaku Menteri Keuangan Indonesia, membahas persoalan kenaikan suku nilai dollar amerika dan bagaimana hal tersebut sebenarnya berdampak pada perekonomian Indonesia. Kondisi ini menurutnya dapat menjadi pro kontra bagi para eksportir dan importir Indonesia yang memiliki agenda berbeda-beda.


Sumber: Dok. Kinibisa

Keberadaan milenial yang kini aktif menggunakan Shopee dan Go-Pay di Indonesia juga membuktikan adanya perubahan dari dunia offline menuju dunia online. Tak hanya menjadi aktor, para milenial kini juga bisa menjadi edukator dengan mengakarkan anggota keluarganya untuk beradaptasi dengan kemajuan era digital kini, seperti yang dikatakan oleh CEO Go-Pay, Aldi Haryopratomo. Segala hal semakin dipermudah dengan keberadaan e-commerce di Indonesia.

Tak hanya itu, masyarakat kini juga menjadi lebih praktis dalam beraktifitas dengan adanya jasa seperti Gojek dan Go-pay. Go-Pay sendiri dipercaya menjadi solusi untuk mempermudah transaksi uang menjadi lebih mudah dan transparan. Shopee juga hadir sebagai platform yang menyediakan wadah bagi para pengusaha baru yang dapat menjangkau seluruh pelosok Indonesia. Sedangkan pemerintah memiliki peran untuk menjaga growing excitement dan membangun infrastruktur seperti yang diucapkan oleh Ibu Sri Mulyani.

Pada kesempatan ini baik pihak dari Go-Pay dan Shopee menyampaikan keinginan mereka untuk bekerja sama dan meminta dukungan dari pemerintah dalam mencanangkan program-program yang mereka miliki. Pada akhir gelar wicara, para narasumber menyampaikan pesan untuk para generasi milenial yang dinilai memiliki potensi sebagai penyedia content dan supplier. Generasi milenial juga diharapkan dapat menjadi lebih optimis dan percaya diri dalam memilih berbagai macam opsi yang tersedia di era digital kini.

Generasi milenial ini diharapkan untuk tidak membuang-buang waktu pada hal-hal yang tidak bermanfaat dan tidak melihat perkembangan ekonomi di era digital ini sebagai sebuah ancaman yang membuat surut semangat para generasi milenial. “It’s really up to you. You are on the driver seat. Anda itu sekarang ada di tempat sopir. Anda yang menyopir diri anda sendiri. Jangan membolehkan orang lain untuk menyopiri diri anda. You have your own destiny. Choicesnya banyak. Pilihannya banyak,” kata Sri Mulyani.


Sumber: Dok. Kinibisa

Semakin banyak dan mudahnya pilihan akses informasi pada satu sisi dapat memudahkan generasi milenial untuk mencari apa saja yang mereka butuhkan. Namun di sisi lain, hal ini juga dapat menimbulkan kerancuan dalam menentukan kebenaran dari informasi yang diterima. Gelar Wicara ini diharap dapat menjadi jembatan bagi teman-teman untuk mendapatkan informasi secara utuh dan valid tentang apa saja yang sudah dilakukan oleh pemerintah Republik Indonesia sejauh ini.

Selain itu, mereka juga bisa mendapatkan inspirasi mengenai hal-hal yang dapat mereka lakukan untuk turut berkontribusi atas pembangunan di Indonesia, langsung dari orang-orang yang memang pakar di bidangnya masing-masing. “Kami berharap, acara ini bisa menjadi momentum bagi kita generasi muda agar terus memiliki optimisme dan mampu berkontribusi nyata untuk Indonesia. Ke depan kami juga akan menyebarkan semangat ke beberapa kota seperti Bandung, Jogja dan Surabaya melalui acara seperti ini,” jelas Novita Natalia Kusumawardani, Koordinator Millennials Festival 2018.

0 Comments