span 1 span 2 span 2

News

Menjamurnya K-POP di Tengah Generasi Muda Indonesia
Oleh : Halimah Nusyirwan
09 November 2018
Dibaca Normal 4 Menit

News Overview

Korea Selatan dikenal dengan industri musiknya yang beragam dan didominasi oleh penyanyi boyband dan girlband. Adanya original soundtrack (OST) yang dinyanyikan oleh penyanyi-penyanyi Korea dari drama-drama yang ditayangkan tersebut menarik para penonton dan hal tersebut memperkenalkan masyarakat Indonesia ke industri musik Korea, atau yang lebih dikenal dengan K-Pop.


Kemunculan K-Pop di Indonesia
 

Banyaknya fans K-Pop di Indonesia yang didominasi oleh generasi muda
Banyaknya Fans K-Pop di Indonesia Didominasi oleh Generasi Muda
Sumber: wego.co.id

Kepopuleran drama-drama Korea membuat banyak penontonnya tertarik dengan keberagaman budaya negara ginseng tersebut. Salah satu fenomena produk budaya yang kini menjadi faktor terpenting dari kebudayaan Korea adalah musiknya yang dikenal dengan sebutan K-Pop. Banyak dari masyarakat Indonesia, didominasi oleh remaja dan perempuan, yang mulai menggandrungi musik asal Korea Selatan ini.

Pada awalnya, K-Pop menargetkan pasar Asia seperti negara China dan Jepang. Keberhasilan artis-artis mereka seperti H.O.T dan Shinhwa di Taiwan membuat K-Pop mulai dikenal di negara luar Korea Selatan. Selain itu, nama-nama seperti TVXQ, KARA, dan SNSD mulai masuk ke pasar musik Jepang dan hal ini akhirnya berlanjut ke negara Asia lainnya seperti Thailand, Malaysia, Vietnam, dan tak terkecuali Indonesia.

Di Indonesia sendiri mungkin awal mula K-Pop mulai dikenal oleh masyarakat ketika drama-dramanya mulai digemari oleh penonton Indonesia. Penyanyi Rain, yang menjadi pemeran utama di drama Full House, juga berhasil menarik perhatian penggemar Indonesia setelah dramanya tayang di TV tanah air kala itu. Selain itu, penyanyi BOA juga menjadi salah satu penyanyi Korea yang lebih dulu terkenal di Indonesia.

Jika membahas K-Pop, nama Super Junior tidak bisa dilupakan dari fenomena ini sebab mereka juga menjadi salah satu boyband yang paling terkenal di Indonesia dengan lagu legendanya yang berjudul Sorry Sorry yang membuat banyak penikmat musik Indonesia menjadi tergila-gila dengan mereka. Nama-nama seperti Big Bang, 2PM, 2NE1, dll., mulai memiliki fanbase yang berkembang pesat di Indonesia.

Penggemar-penggemar K-Pop yang semakin banyak ini juga terbukti dari larisnya tiket konser penyanyi-penyanyi Korea yang datang seperti Big Bang pada tahun 2012 yang berhasil menjual habis tiket mereka dalam 10 menit dan menggelar konser pertamanya di ICE Indonesia. Tak hanya itu, K-Pop sendiri saat ini sudah mendunia dan memiliki garis penggemar yang semakin besar setiap tahunnya. Kesuksesan K-Pop di berbagai negara, seperti BTS dan Blackpink yang sudah melebarkan sayapnya di pasar Amerika, membuat K-pop diakui dunia sebagai salah satu fenomena kebudayaan Asia yang menakjubkan.

Faktor Populernya K-Pop di Indonesia
 

BTS, boyband asal Korea Selatan yang kini terkenal di berbagai belahan dunia.
BTS, boyband asal Korea Selatan yang kini terkenal di berbagai belahan dunia dengan bakat dan musikalitasnya.
Sumber: grammy.com

Kepopuleran K-Pop di Indonesia bukanlah hal yang terlihat aneh atau mengherankan. Kini semakin banyak artis-artis K-Pop yang semakin terkenal dan memiliki banyak penggemar di Indonesia seperti EXO, BTS, GOT7, TWICE, WINNER, dan masih banyak lainnya. Kualitas para artis Korea ini mampu menarik jumlah penggemar yang terbilang sangat fantastis. Hal ini terjadi dikarenakan industri entertainment mereka yang cukup ketat dan terbilang rumit atau memakan proses panjang.

Artis-artis Korea tersebut harus melalui program latihan (training) yang tidak main-main dan bisa memakan waktu bertahun-tahun. Mereka harus melalui pelatihan berupa kelas-kelas seperti kelas kepribadian, kelas bahasa, kelas menari, kelas vokal, dan juga kelas modeling atau akting. Hal ini dilakukan karena agensi-agensi entertainment Korea ingin memastikan setiap kualitas artis mereka sudah layak dan cukup sebelum mereka didebutkan ke masyarakat luas. Tak jarang pula akibat proses yang panjang tersebut, banyak anak muda di Korea Selatan yang akhirnya mundur hingga ada yang depresi karena tidak sanggup melalui proses tersebut.

Dengan menyajikan kualitas video musik yang bagus, bakat menari dan menyanyi yang menakjubkan akibat latihan dan persiapan yang dilakukan selama bertahun-tahun, visual para artis yang tidak diragukan lagi, serta lagu-lagu yang menarik serta easy-listening membuat K-Pop menjadi fenomena besar yang melanda berbagai belahan dunia. Karena itulah, kini semakin banyak festival-festival K-pop yang diselenggarakan baik dari pemerintah Korea maupun dari pemerintah negara yang bersangkutan tak terkecuali Indonesia.

Indonesia bahkan menjadi partisipasi aktif dalam festival-festival tersebut dan sudah berkali-kali membuat harum nama bangsa dengan menjadi juara umum seperti yang terjadi di K-POP World Festival pada tahun 2012 yang dijuarai oleh Nadya & Marwah serta pada tahun 2017 yang dimenangkan oleh Tiffani Afifa dan Alphiandi sebagai perwakilan Indonesia dan berhasil mengalahkan partisipan dari negara-negara lainnya.

Dampak K-Pop pada Generasi Millenials
 

SMASH sempat menjadi salah satu boyband Indonesia yang terkenal dan memiliki penggemar setia.
SMASH sempat menjadi salah satu boyband Indonesia yang terkenal dan memiliki penggemar setia.
Sumber: beranda.co.id

K-Pop memiliki pengaruh yang sangat besar pada gaya hidup generasi muda Indonesia. Sekarang ini, banyak dari anak muda Indonesia yang tak lepas dari hal-hal yang berbau Korea, seperti brand kecantikannya dan gaya pakaian. Meningkatnya jumlah konser K-Pop juga didominasi oleh penonton muda Indonesia. Hal ini merupakan hasil berkembangnya K-Pop yang membuat millenials mengikuti semua hal yang berkaitan dengan fenomena ini.

Salah satu dampak yang paling terlihat lainnya adalah kemunculan komunitas Dance CoverDance Cover (DC) sendiri kini mudah ditemui di berbagai acara dimana para fans K-Pop ini berpenampilan, menyanyi, dan menari mengikuti artis K-Pop kesukaan mereka. DC di Indonesia tidak hanya didominasi oleh remaja perempuan, tapi banyak dari mereka yang merupakan remaja laki-laki yang juga menyukai musik K-Pop dan mengikuti penampilan ala boyband Korea tersebut.

Selain kemunculan DC, pada tahun 2010 fenomena boyband dan girlband juga sempat melanda Indonesia dan membuat industri musik Indonesia mulai mengadaptasi konsep boyband dan girldband ala Korea tersebut pada artis-artis muda Indonesia. Bahkan saking besarnya antusiasme masyarakat dengan K-Pop, banyak program pencarian bakat berformatkan boyband dan girlband dari Korea Selatan yang mencari bibit-bibit idola dari Indonesia untuk dilatih menjadi layaknya artis Korea, seperti salah satunya yaitu acara pencarian bakat Galaxy Superstar dimana pemenangnya mendapatkan pelatihan di Korea Selatan selama setahun sebelum akhirnya mereka debut di Indonesia.

Contoh fenomena boyband dan girlband yang sempat muncul dan memiliki basis penggemar yang besar, yaitu adanya boyband SMASH; XO-IX; S4; dan girlband seperti 7ICON; Cherrybelle; S.O.S, dll.

Kekaguman para remaja Indonesia dengan kualitas artis-artis Korea tersebut membuat mereka tertarik dan bermimpi untuk memulai karier sebagai artis di sana. Hal ini akhirnya menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara yang masuk ke dalam daftar audisi global dari agensi-agensi entertainment besar seperti SM Entertainment dan Cube Entertainment melihat banyaknya penggemar K-pop yang berasal dari negara ini. 

Tercatat bahwa SM Entertainment sudah melaksanakan audisi berkali-kali di Indonesia sejak beberapa tahun yang lalu. Kepopuleran musik Korea (K-Pop) membuka pasar musik Korea di Indonesia dengan adanya audisi pencarian bibit-bibit idol Korea seperti yang dilakukan oleh agensi besar tersebut.


Fenomena K-Pop di Indonesia saat ini semakin berkembang dan menjamur di Indonesia. Banyaknya penggemar musik K-Pop di Indonesia didominasi oleh anak-anak muda dengan usia produktif. Hal ini menjadikan Indonesia sebagai salah satu target utama pasar K-Pop yang ditandai dengan banyaknya kerja sama budaya yang dilakukan oleh Indonesia dan Korea Selatan.

Meskipun pada awalnya musik ini sempat dipandang sebelah mata oleh masyarakat, terutama dengan gaya pakaian dan dandanannya tersebut yang sebelumnya tidak pernah ditemukan di industri musik Indonesia, kini K-Pop sudah menjadi bagian yang tidak teelepaskan dari kehidupan banyak generasi milenials Indonesia dan anak-anak muda lainnya di dunia.

Baca juga artikel Perkembangan Korean Wave di Indonesia

0 Comments