span 1 span 2 span 2

News

Mengenal Profesi Content Writer
Oleh : Barlyant Vici Wijaya
25 Juni 2019
Dibaca Normal 3 Menit

News Overview

Akhir-akhir ini pekerjaan sebagai Content Writer sedang menjadi tren dengan maraknya internet sebagai bagian dari kebutuhan wajib kaum millennial. Namun, apa saja faktor dan tugas seorang Content Writer yang wajib kalian tahu sebelum terjun langsung ke dalam pekerjaan ini? Apakah cekatan dalam menulis dan mengunggahnya di media sosial sudah cukup untuk menjadikan kalian sebagai seorang Content Writer?


content
Sumber: joshtalks.com

Content Writer adalah seseorang yang membuat artikel yang kemudian mengunggahnya di website perusahaan tempat kalian bekerja. Content Writer banyak dicari perusahaan untuk membuat nama baik citra perusahaan melalui konten-kontennya yang kebanyakan berupa artikel. Tugas seorang Content Writer cukup penting yaitu:

Mencari Konten Segar
 

Mencari konten segar adalah tugas utama dari seorang Content Writer. Bagaimana tidak, artikel yang up-to-date akan menarik para pembaca untuk bisa berlangganan dengan website perusahaan kalian bekerja. Konten yang segar juga bisa membuktikan kualitas kreativitas Content Writer perusahaan dari informasi kekinian yang disediakan.

Branding Perusahaan
 

Bila tulisan kalian disukai para pembaca, otomatis perusahaan tempat kalian bekerja akan mendapatkan peningkatan branding perusahaan. Branding perusahaan bisa dihasilkan dari konten-konten yang diproduksi perusahaan tersebut, termasuk didalamnya adalah artikel yang dihasilkan oleh seorang Content Writer.

Wawancara
 

Wawancara menjadi bagian tugas dari seorang Content Writer. Wawancara dapat dilakukan apabila konten yang akan dibuat oleh seorang Content Writer memang membutuhkan metode wawancara dari narasumber terkait. Wawancara dibutuhkan apabila konten yang akan dibuat memang belum familiar dan belum banyak data yang ditemui dari hasil research yang tersebar.

Baca juga: Cara Mengurangi Sampah

Meningkatkan SEO Perusahaan
 

SEO adalah singkatan dari search engine optimization, yaitu bagaimana tulisan dari seorang Content Writer akan eksis di mesin pencarian seperti Google. Mesin pencarian tersebut akan menampilkan bukan secara acak, melainkan berdasarkan tingkat relevansi ranking dari kualitas website.

Membantu Divisi Content Creator
 

Artikel yang dibuat oleh seorang Content Writer akan berguna untuk divisi terkait seperti content creator. Pembuatan video dan desain grafis membutuhkan acuan tulisan untuk membuat konten secara visual dan peran Content Writer menjadi penting untuk pekerjaan yang dihasilkan oleh divisi content creator.

content
Sumber: mediacareerng.org

Lalu, syarat dan faktor apa saja yang menjadikan kalian layak disebut sebagai seorang Content Writer?

Menjadikan Membaca Sebagai Hobi
 

books
Sumber: kiblat.net

Tulisan yang akan kalian hasilkan adalah hasil dari seberapa banyak kalian sering membaca. Jika kalian sering membaca, pengetahuan kosakata kalian akan meningkat dan kualitas retorika menulis kalian juga jauh lebih baik. Untuk kalian yang ingin menjadi seorang Content Writer harus bisa menjadikan membaca sebagai bagian dari gaya hidup kalian.

Analisis dan Riset
 

Penyelidikan terhadap suatu peristiwa secara sistematis juga harus dimiliki oleh seorang Content Writer. Pandai menulis sudah menjadi persyaratan utama yang penting, tetapi kalau tulisan kalian tidak diminati oleh para pembaca karena topiknya yang tidak kekinian dan familiar di masyarakat, apakah itu akan membuat keuntungan untuk perusahaan tempat kalian bekerja? Penting untuk riset target para pembaca dari topik yang akan kalian buat menjadi tulisan.

Baca juga: Info Profesi

Kritis Itu Penting
 

oke
Sumber: beritagar.id

Percuma saja jika hasil tulisan kalian bagus tetapi informasi yang kalian tulis tidak valid berdasarkan fakta yang ada. Berita hoax banyak tersebar di internet, namun berita yang jujur juga banyak. Jadi kalian yang ingin menjadi seorang Content Writer, mengakses informasi dengan telaah setiap data yang kalian baca sangat penting untuk mengkritiskan kembali artikel yang akan menjadi acuan kalian.


Itu dia tugas dan faktor apa saja yang harus kalian ketahui sebelum menjadi seorang Content Writer. Jika kalian benar-benar yakin, tekuni dari hal yang paling mendasar dulu yaitu membaca.

0 Comments