span 1 span 2 span 2

News

Mengenal Kekayaan Budaya China Lewat Film Crazy Rich Asians (2018)
Oleh : Halimah Nusyirwan
02 November 2018
Dibaca Normal 5 Menit

News Overview

Para Pemain Crazy Rich Asians (2018)
Para Pemain Crazy Rich Asians (2018)
Sumber: rogerebert.com

Kesuksesan serta kepopuleran film Crazy Rich Asians di berbagai negara membuat para penontonnya jatuh cinta dengan para pemain serta jalan cerita dari film ini. Film ini menjadi film pertama di industri perfilman Hollywood yang diperankan oleh aktor dan aktris keturunan Asia dalam kurun waktu 25 tahun terakhir. Film ini berfokus pada kisah romansa antara Rachel Chu, seorang profesor ekonomi di New York University yang berdarah Asian-American dengan pemuda bernama Nick Young yang berasal dari keluarga terkaya di Singapura serta lika-liku perjuangan mereka dalam menghadapi dan mendapatkan restu dari keluarga Nick.


Diadaptasi dari novel berjudul sama, film ini dibintangi oleh Constance Wu, aktris yang dikenal aktingnya lewat serial Amerika, Fresh Off the Boat, Henry Golding seorang aktor keturunan Malaysia-Inggris yang kini melebarkan sayapnya di kancah Hollywood, serta artis serta aktor keturunan Asia seperti Michelle Yeoh, Awkwafina, dan Gemma Chan.

Banyak masyarakat serta kritikus film yang menganggap bahwa film ini berhasil menyampaikan berbagai unsur nilai dan budaya Asia yang selama ini tidak terlalu diketahui oleh masyarakat dunia. Hal ini tentu membuat orang-orang Asia bangga dengan keberhasilan para keturunan Asia di industri perfilman Hollywood, mengingat bagaimana panjangnya perjuangan mereka dalam menunjukkan eksistensinya sebagai kaum minoritas di perfilman Hollywood yang disebabkan oleh isu rasisme di sana.

Film ini berhasil menampilkan berbagai nilai budaya yang menarik perhatian para penonton, seperti musik, latar tempat, makanan, dll. Penonton mendapatkan berbagai pelajaran serta pengetahuan mengenal kebudayaan China, yaitu;

Nilai Keluarga
 

Pentingnya Keluarga dalam Kebudayaan Cina
Pentingnya Keluarga dalam Kebudayaan Cina
Sumber: popsugar.com

Dalam kebudayaan masyarakat China, keluarga merupakan aspek terpenting yang kerap menjadi prioritas utama mereka. Keluarga bahkan juga disebut-sebut sebagai fondasi dasar budaya China Hal tersebut terlihat dari karakter Eleanor Young, yang merupakan ibu dari Nick Young dan juga sosok dibalik kesuksesan keluarganya. Dalam salah satu scene, Eleanor mengatakan bahwa ia rela melepaskan mimpinya sebagai pengacara untuk membantu suaminya membangun bisnis serta keluarga dan baginya hal tersebut adalah pekerjaan yang istimewa.

Dalam scene lainya, Eleanor juga mengatakan bahwa di tempatnya (Asia), para orang tua terobsesi membentuk kehidupan yang layak dan sukses untuk anak-anaknya. Hal ini menunjukkan bahwa keluarga adalah prioritas utama bagi masyarakat China, mereka juga sangat menghargai orang tua seperti yang kita lihat di film ini bagaimana Keluarga Young sangat menghormati Ah Ma (nenek) dengan merawatnya dan tinggal bersamanya.

Peran Ah Ma sendiri juga menunjukkan bahwa dirinya memiliki kekuasaan tertinggi di keluarganya dengan keputusannya juga sangat berpengaruh.  Ia juga merupakan sosok yang berperan besar dalam mendidik serta membesarkan cucunya, Nick Young. Bukti-bukti seperti ini sangat erat dengan budaya China yang menghormati orang tua dan tak jarang banyak dari keluarga China yang hidup bersama dan mewarisi nilai-nilai serta budaya keluarganya (seperti membuat pangsit dengan filosofinya) dari generasi ke generasi.

Budaya Pasangan
 

Latar Belakang Keluarga Merupakan Aspek Penting Dalam Berpasangan
Latar Belakang Keluarga Merupakan Aspek Penting Dalam Berpasangan
Sumber: popsugar.com

Pernikahan merupakan hal yang tidak boleh dipandang remeh dalam budaya China. Maka dari itu, latar belakang pasangan sangatlah penting dan harus memenuhi standar atau kriteria yang dicari oleh pihak keluarga. Seperti yang ditampilkan di scene ketika Rachel berada di pesta ulang tahun Nenek Nick, orang-orang yang hadir serta keluarga Nick selalu menanyakan asal usul keluarga Rachel dan banyak dari mereka juga menanyakan apakah Rachel berasal dari keluarga Chu yang mereka kenal (pengusaha plastik di Taiwan).

Apa yang terjadi di scene tersebut membuktikan bahwa koneksi dan asal usul keluarga sangatlah penting dan keluarga China biasanya lebih mudah menerima orang dari keluarga yang sudah mereka kenal sebelumnya. Hal lain yang yang terlihat berkaitan dengan aspek ini adalah etnisitas. Bagi keluarga China, menikah dengan sesama etnis China lebih diutamakan karena memiliki pandangan dan budaya yang sama.

Simbolisme Kebudayaan
 

Mahjong


Arti Mahjong

Nilai Mahjong dalam Budaya Cina
Sumber: vox.com

Rachel Chu: “My mom taught me how to play. She told me mahjong would teach me important life skills: Negotiation. Strategy. Cooperation.”
 

Menjelang akhir film, penonton pasti ingat dengan adegan Rachel Chu yang mengundang Eleanor Young untuk bermain mahjong bersamanya. Mahjong sendiri merupakan permainan yang berasal dari China dan sangat erat dengan kebudayaan China. Mahjong sudah mulai dimainkan sejak ribuan tahun yang lalu dan permainan ini identik dengan penggunaan karakter serta simbol China yang memiliki arti-arti khusus.

Mahjong juga sering kali muncul di berbagai film Asia, khususnya film China, dan menjadi simbol pertemanan serta kedamaian di antara masyarakatnya. Mahjong sering dimainkan oleh keluarga-keluarga China karena permainan ini merupakan salah satu media yang digunakan untuk berinteraksi. Tak hanya itu, strategi permainan yang digunakan juga menunjukkan ikatan kebudayaan yang dapat menyatukan berbagai keluarga dan orang-orang dari berbagai latar belakang yang berbeda-beda.

Warna Merah


Arti Warna Merah dalam Kebudayaan Cina

Arti Warna Merah dalam Kebudayaan Cina
Sumber: tomandlorenzo.com

Rachel’s Mom: “Now this (red dress), this symbolizes good fortune and fertility”

Dialog tersebut menggambarkan arti warna merah bagi budaya China. Arti warna ini dalam kebudayaan China mungkin tidak asing lagi bagi orang-orang. Warna merah dipercaya membawa serta mewakili nasib baik, kesuburan, dan keberuntungan bagi masyarakat China. Warna merah juga tak pernah absen dari acara-acara kebudayaan China, seperti saat perayaan Imlek.

Pernikahan dalam kebudayaan China juga identik dengan warna merah. Besarnya kegunaan serta peran warna merah dalam budaya China tentu bukannya tanpa alasan. Dalam kepercayaan masyarakat China, warna merah dipercaya sebagai simbol keceriaan dan selebrasi. Merah juga memiliki berbagai arti dan makna dan warna ini merepresentasikan berbagai hal dan aspek kehidupan dari budaya masyarakatnya.


Kesuksesan film Crazy Rich Asians di perfilman Hollywood dan di berbagai belahan dunia tak lepas dari berbagai keunggulan yang ditawarkan pada penontonnya. Dengan mengangkat isu serta budaya Asia yang kerap menjadi pertanyaan atas keingintahuan masyarakat dunia, film ini mampu menampilkan berbagai unsur budaya China dengan makna-maknanya yang menjadi salah satu daya tarik utamanya. Film ini juga membuat masyarakat menjadi lebih memahami “eksotisme” kebudayaan serta kekayaan nilai-nilai yang ada di Asia dengan menggunakan segala aspek kebudayaan Asia sebagai modal utama filmnya.

0 Comments