span 1 span 2 span 2

News

Mengenal Karakter INTJ
Oleh : Halimah Nusyirwan
20 September 2019
Dibaca Normal 3 Menit

News Overview

Setiap orang memiliki karakter dan sifat yang berbeda-beda. Masyarakat dunia mengenal adanya 16 kepribadian yang menggambarkan karakter setiap orang yang ada. Contoh-contohnya yaitu ENTP, ISTP, ESFJ, dll. Salah satu diantara 16 karakter tersebut ada yang disebut INTJ. Nah, apa sih INTJ itu dan apa saja keunggulan dan kelemahan dari mereka yang masuk ke kategori ini?


Apa Itu INTJ?
 

INTJ merupakan salah satu tipe karakter yang ada pada seseorang. INTJ adalah singkatan dari I (introversion), N (intuition), T (thinking), dan J (judgment). Orang dengan tipe karakter ini dikenal sebagai seorang pengamat yang memiliki intelektualitas tinggi dengan kemampuan analisis yang bagus. INTJ juga berfokus pada intuisi dan mengandalkan rasionalitas serta logikanya.

Kelebihan INTJ
 

INTJ dikenal sebagai sosok yang haus akan ilmu. Dengan semangatnya, mereka akan berusaha untuk mencari ilmu serta pengetahuan yang baru yang berguna bagi masa depan mereka. INTJ juga memiliki sifat pekerja keras dan gesit dalam melakukan pekerjaannya sehingga sering kali dianggap sebagai sosok yang mandiri dan berprestasi.

Baca juga: Kamu tipe introvert apa extrovert? yuk tes karakter di kinibisa

Kelemahan INTJ
 

Setiap orang tentu memiliki kekurangan, termasuk mereka yang masuk ke dalam kategori INTJ. Para INTJ sering kali menutup diri dari orang-orang disekitarnya karena terlalu larut dalam dunianya sendiri. Mereka juga kurang peduli dengan orang lain karena sifatnya yang cuek.

Tipe INTJ juga memiliki kesan tertutup dan tidak terbuka ketika mengekspresikan perasaan yang sebenarnya. Selain itu, INTJ juga dianggap sebagai sosok yang terlalu pemikir sehingga kerap kali membuatnya menjadi stres dan tertekan.

Prospek Masa Depan untuk INTJ
 

Mereka yang memiliki karakter INTJ cocok bekerja sebagai peneliti, arsitek, insinyur, atau ilmuwan. INTJ juga dapat menunjukkan potensi terbaiknya di bidang hukum, pemerintahan, IT, teknik, dan sains.


Setiap karakter tentu memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Namun, harus diketahui bahwa tidak ada karakter yang lebih unggul dari karakter lainnya. Setiap karakter atau kepribadian tidak bisa disamakan karena memiliki perbedaan yang cukup jelas. Yang terpenting adalah, ketahui karakter kalian dan memaksimalkan potensi yang dimiliki agar meraih kesuksesan.

0 Comments