span 1 span 2 span 2

News

Mengenal Karakter dan Potensi ISTJ
Oleh : Barlyant Vici Wijaya
04 November 2019
Dibaca Normal 3 Menit

News Overview

ISTJSumber: pengusahamuslim.com

ISTJ adalah singkatan dari Introvert Sensing Thinking Judging, artinya kalian yang mempunyai karakter ISTJ adalah pribadi yang teguh dengan apa yang sudah kalian yakini, penuh tanggung jawab, dan kalian yakin jika semua hal dilakukan secara baik pasti kesuksesan akan bisa diraih.

Berikut adalah pembahasan lebih jauh untuk mengenal karakter dan potensi yang dimiliki oleh ISTJ:


 Karakter dan Ciri ISTJ
 

tanggung jawab istj
Sumber: satyamitra.co.id

Mereka yang memiliki karakter ISTJ adalah mereka yang hidup dengan aturan-aturan konsisten, penuh tanggung jawab, taat aturan, dan efisien dalam memanfaatkan waktu. Selain itu ISTJ juga dikenal sangat berhati-hati dalam melakukan suatu hal, senang melakukan pekerjaan dengan kondisi tenang, dan dikenal sebagai pendengar yang baik.

ISTJ juga biasanya suka mengorganisir rincian fakta untuk mencapai tujuan yang diinginkan, lebih suka mengerjakan sesuatu dengan cara terstruktur. Adapun seorang ISTJ dikenal dengan seorang yang deadliner, dan terkadang susah membuka diri untuk hal-hal baru.

Yang Mereka Katakan Kepada ISTJ
 

egosentris
Sumber: amazonaws.com

ISTJ sering dianggap egosentris dan pasif oleh mereka yang memiliki kepribadian ekstovert, kalian juga sering dianggap berpikiran sempit dan sembrono oleh mereka yang lebih memahami sesuatu dengan mengandalkan intuitive. Selain itu dalam pengambilan keputusan ISTJ sering dianggap dingin dan tidak memilik perasaan oleh mereka yang dominan menggunakan feeling dalam pengambilan keputusan.

ISTJ yang menyikapi kehidupan dengan cara judging sering dianggap kaku, dan juga sering dianggap menghakimi orang oleh sebagian mereka yang menyikapi kehidupan dengan cara perceiving.

Potensi ISTJ
 

Mereka yang memiliki karakter ISTJ adalah merka yang berpotensi dalam membangun karier jangka panjang dan stabil. Oleh karena itu ISTJ dikenal dengan orang yang fokus kepada satu pekerjaan saja. Di dalam kesahariannya ISTJ sering berlandaskan dengan peraturan-peraturan tertulis.

Umumnya seorang ISTJ berpotensi untuk bekerja pada institusi yang menghormati tradisi, otoritas, dan keamanan. Selain itu ISTJ yang memiliki kemampuan objektivitas dan daya kritis yang tinggi dalam mencari fakta, memiliki potensi untuk bekerja dibidang mengolah data sebelum dijadikan informasi.

Serba-Serbi ISTJ
 

Hanya sekitar 8,5% dari populasi dunia dengan orang yang memiliki kepribadian ISTJ, ini karena seroang ISTJ adalah orang yang sangat mengikuti struktur yang sudah ada. ISTJ juga harus berada di dalam lingkungan dengan struktur dan aturan yang jelas untuk bisa bekerja secara maksimal.

Biasanya ISTJ harus diberikan penjelasan secara jelas dan rinci untuk memahami apa yang harus mereka kerjakan. Maka dari itu seorang ISTJ bisa menjadi orang yang dapat dipercaya oleh orang lain. Adapun seorang ISTJ lebih senang menghabiskan waktu luang yang mengharuskan mereka untuk tetap berkonsentrasi.


Orang-orang populer lainnya yang memiliki karakter ISTJ  adalah CEO Amazon Jeff Bezos, Queen Elizabeth II, dan aktris Julia Roberts. Apakah kalian termasuk dari salah satu orang yang memiliki karakter ISTJ? 

0 Comments