span 1 span 2 span 2

News

Mengenal Karakter dan Potensi ESFJ
Oleh : Barlyant Vici Wijaya
18 November 2019
Dibaca Normal 3 Menit

News Overview

ESFJ adalah singkatan dari Ekstrovert Sensing Felling Judging, artinya kalian yang memiliki karakter ESFJ adalah seorang yang mudah menarik perhatian orang lain dan merasa senang apabila orang tersebut bisa mengenal kalian. ESFJ juga sangat aktif di dalam banyak kegiatan dan suka berpergian.

Berikut adalah pembahasan lebih jauh untuk mengetahui karakter dan potensi yang dimiliki oleh ESFJ:


Karakter dan Ciri ESFJ
 

ESFJ dikenal dengan karakter yang aktif di dalam lingkungan pertemanan, menjadikan teman sebagai bagian yang paling penting di dalam hidupnya. Selain itu ESFJ juga memiliki karakter yang selalu memperioritaskan keluarga dan teman-teman terdekatnya.

ESFJ dicirikan sebagai orang yang loyal dan royal, ini menjadikan ESFJ banyak disenangi di dalam pergaulan sehingga teman ESFJ ada di mana-mana, yang tak jarang ESFJ dicap sebagai ‘anak gaul’. ESFJ juga dicirikan sebagai karakter yang taat akan aturan dan menjunjung tinggi nilai-nilai keharmonisan.

Yang Mereka Katakan Kepada ESFJ
 

ESFJ yang memiliki karakter ekstrovert sering dianggap terlalu menekan orang lain oleh mereka yang memiliki karakter introvert. ESFJ yang memahami sesuatu dengan cara sensing juga sering dianggap berpikiran sempit oleh mereka yang memahami sesuatu dengan cara intuitive.

Selain itu ESFJ yang dalam menentukan keputusan lebih mengutamakan feeling sering dianggap susah diandalkan oleh mereka yang menentukan keputusan dengan cara thinking. Adapun ESFJ yang menyikapi kehidupan dengan cara judging sering dianggap kaku oleh mereka yang menyikapi kehidupan dengan cara perceiving.

Potensi ESFJ
 

Orang yang memiliki karakter ESFJ memiliki potensi sebagai orang yang paling baik dalam mengerjakan tugas apabila prosesnya dapat bisa diprediksi, ini karena ESFJ sangat terorganisir dalam mengerjakan tugas apapun. ESFJ juga sangat bisa menjadi pendengar yang baik untuk orang lain dan anggota timnya.

Baca juga: Kamu tipe introvert apa extrovert? yuk tes karakter di kinibisa

Selain itu ESFJ sangat teliti dan bertanggung jawab dalam mengerjakan sesuatu, simpati dan empati kepada lingkungan sekitar, juga seringkali menempatkan kebutuhan orang lain terlebih dahulu daripada dirinya sendiri, ini karena ESFJ sangat suka berkomunikasi dengan jujur dan terbuka kepada orang lain.

Serba-Serbi ENFJ
 

Sekitar 12% dari populasi dunia memiliki tipe kepribadian ENFJ. Seorang ENFJ yang seorang yang memiliki rasa empati yang tinggi, serta selalu mengutamakan kepentingan bersama demi terjaganya keharmonisan, cocok untuk bekerja sebagai pekerja sosial, tenaga pengajar, hingga konsultan.

Adapun ruang perbaikan yang harus ENFJ perbaiki untuk dapat lebih maksimal dalam melakukan pekerjaan yaitu, lebih objektif dalam memberikan suatu keptusan, melatih untuk tetap berpikir positif, dan jangan ragu untuk meminta bantuan orang lain, ini supaya tidak banyak waktu yang dibuang percuma oleh ENFJ.


Tokoh populer dunia yang memiliki karakter ENFJ, salah satunya adalah founder Walmart yang bernama Sam Walton, seorang bangsawan Pangeran William, dan musisi Jennifer Lopez.

0 Comments