span 1 span 2 span 2

News

Mengenal Ari Askhara dan Segala Kasusnya
Oleh : Barlyant Vici Wijaya
06 Januari 2020
Dibaca Normal 2 Menit

News Overview

Ari Askhara
Sumber: detik.net.id

Mantan Direktur Utama Garuda Indonesia, Ari Askhara ternyata memiliki beberapa kebijakan yang dianggap kontroversial saat ia masih menjabat. Kebijakan-kebijakan tersebut dinilai merugikan banyak pihak seperti perusahaan tempat ia bekerja, karyawan, hingga masyarakat. Berikut adalah segala kasus yang dimiliki oleh Ari Askhara:


Menghentikan Iuaran Anggota
 

Ari Askhara ternyata pernah membuat kebijakan yang dinilai mempersulit para anggotanya. Selain menghentikan iuaran dari para anggota, Ari Askhara juga mempersulit terjadinya Perjanjian Kerja Bersama atau PKB, hingga membuat Pemutusan Hubungan Kerja atau PHK kepada beberapa karyawannya tanpa alasan yang jelas.

Adanya Larangan Para Pengurus Serikat Pekerja untuk Terbang
 

Kebijakan yang tidak kalah kontroversialnya adalah melarang para pengurus serikat pekerja untuk terbang, dan membentuk serikat pekerja tandingan hanya untuk membela kepentingan dari pribadinya.

Pemalsuan Keuangan
 

Pertengahan tahun 2019 Ari Askhara telah mengejutkan pihak Otoritas Jasa Keuangan atau OJK, karena telah memalsukan laporang keuangan Garuda sepanjang tahun 2018. Ari Askhara ternyata telah mengganti kerugian Garuda menjadi keuntungan.

Larangan Foto Hingga Adanya Live Music
 

Masih ingat dengan kebijakan Garuda yang saat itu melarang para penumpangnya untuk berfoto di dalam pesawat? Ternyata kebijakan tersebut adalah Ari Askhara yang membuatnya. Selain itu terobosan terbaru memberikan live music #GIACoustic yang Ari Askhara lakukan di dalam pesawat juga dinilai mengganggu kenyamanan bagi para penumpang.

Pengalihan Rute Terbang
 

Ari Askhara pernah mengganti rute penerbangan jarak jauh dengan dilakukan pulang-pergi. Rute Jakarta-Amsterdam dialihkan menjadi Denpasar-Medan-Amsterdam, Akibatnya sejumlah anggota mengalami kecapekan hingga harus dirawat di rumah sakit.

Jam Kerja Awak Kabin Berlebih
 

Kemenhub telah menemukan adanya pelanggaran kelebihan jam kerja dari para pramugari selama empat kali di sepanjang bulan Agustus 2019, yaitu dengan rute Denpasar-Medan-London, dan sebaliknya.

Adanya Fasilitas Awak Kabin yang Dipangkas
 

Ternyata selama penerbangan jarak jauh awak kabin juga tidak mendapatkan fasilitas penginapan, travel allowance, hingga laundry. Semua ini dilakukan oleh Ari Askhara hanya demi efisiensi beban perusahaan dapat lebih ditekan.

Gaji yang Tidak Rasional
 

Ari Askhara
Sumber: okeinfo.net

Ari Askhara diketahui tidak kunjung memenuhi tuntutan untuk memperbaharui Perjanjian Kerja Bersama atau PKB yang terhitung telah diajukan sejak tahun lalu. Salah satu dari perjanjian tersebut adalah penetapan struktur upah dan Batasan umur pensiun.

Penyelundupan Barang Mewah
 

brompton
Sumber: bukalapak.com

Kasus penyelundupan motor Harley Davidson dan Sepeda Brompton pada pesawat Airbus A330-900 milik Garuda Indonesia. Berakhir dengan pemecatan Ari Askhara oleh Menteri BUMN, Erick Thohir.

Itu dia kasus yang menimpa Ari Askhara sebelum akhirnya Ari Askhara diberhentikan secara tidak hormat.

0 Comments