span 1 span 2 span 2

News

Mengapa Kita Perlu Liburan?
Oleh : Avellino Dwido
03 Juli 2019
Dibaca Normal 3 Menit

News Overview

Masa liburan merupakan masa yang ditunggu-tunggu. Pertengahan atau akhir tahun merupakan waktu liburan sekolah yang banyak dimanfaatkan untuk berlibur bersama keluarga ataupun bersama kerabat. Berlibur selalu ditunggu bahkan tidak jarang direncanakan sejak jauh-jauh hari.

Selain menjadi waktu yang tepat untuk kembali berkumpul dengan orang-orang terdekat kalian, seperti keluarga atau kerabat, berlibur juga memiliki manfaat baik bagi kesehatan tubuh dan pikiran kalian lho! Berikut Kinibisa merangkumnya menjadi beberapa manfaat yang bisa kalian dapat dengan liburan.


Menyegarkan Tubuh dan Pikiran
 

Berlibur banyak diisi dengan mobilitas yang tinggi disertai kegiatan fisik yang berdampak pada segarnya tubuh. Jika biasanya bekerja hanya duduk di depan laptop dan duduk seharian, maka liburan jadi momen kalian untuk lebih banyak bergerak dan melakukan aktivitas fisik, otomatis badan kamu akan lebih sehat. Hal ini juga akan berdampak pada kualitas tidur kalian yang akan lebih baik setelah lelah seharian berlibur.

Santai di balkon
Sumber: pexels.com

Selain itu, liburan juga bisa menjadi pilihan untuk menyegarkan tubuh bagi kalian yang memang memiliki pekerjaan dengan banyak menyita waktu tidur. Saat liburan kalian bisa memanfaatkan waktu kosong tersebut untuk bersantai dan beristirahat.

Baca juga: Gunung Favorit Pendaki Indonesia

Berlibur pun memiliki dampak yang baik pula bagi pikiran kalian yang penat dengan siklus hidup sehari-hari. Tidak hanya lelah fisik, namun juga lelah mental. Liburan dapat menjadi penawar bagi kepenatan pikiran atau mental kalian dan menciptakan emosi positif yang baik bagi kesehatan mental.

Menjernihkan Pikiran dan Membangkitkan Semangat Bekerja
 

Liburan menyegarkan kalian dari penat dan lelah mental menyebabkan pikiran kalian jadi lebih segar, sehat, dan lebih jernih. Selain itu, liburan juga berdampak pada meningkatnya hormon dopamin yang diproduksi ketika kita merasa bahagia.

Berlibur naik perahu
Sumber: pexels.com

Pikiran yang sehat, jernih, serta perasaan yang bahagia tersebut memengaruhi mood kalian menjadi lebih baik. Mood positif yang meningkat tersebut akan membuat kalian lebih semangat serta meningkatkan gairah untuk kembali bekerja setelah masa liburan usai dan kembali ke rutinitas. Semangat bekerja ini juga akan membuat kalian lebih kreatif dan produktif lho!

Ajang Untuk Bersosialisasi dan Mengunjungi Tempat Baru
 

Berlibur juga menjadi kesempatan kalian untuk bersosialisasi dengan banyak orang, mungkin teman atau keluarga kalian yang sudah lama tidak berjumpa, atau bahkan bertemu orang-orang baru di lokasi tujuan berlibur. Meningkatkan relasi sewaktu liburan memang sangat bermanfaat, entah kelak kalian akan menjadi teman baik, atau sewaktu-waktu kalian membutuhkan bantuan mereka.

Kamu tipe introvert apa extrovert? yuk tes kepribadian di kinibisa

Mau tidak mau pastinya kalian akan bertemu orang baru saat kalian mengunjungi tempat-tempat yang baru kan? Tempat baru mengajarkan kalian untuk lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan dan suasana baru. Dengan seringnya berkunjung ke tempat baru juga akan membuka mata dan pikiran kita lebih luas dengan berbagai perspektif baru, dan itu baik karena bisa meningkatkan sikap toleransi kalian terhadap keberagaman yang dimiliki Indonesia.

Merencakan liburan
Sumber: pexels.com


Efek positif dari liburan tersebut akan bertahan selama tiga minggu hingga tiga bulan. Sedikit tips lagi dari Kinibisa, mungkin kalian bisa berlibur ke tempat-tempat penginapan yang nyaman, jauh dari kota, dan dengan pemandangan yang indah guna mencari suasana baru.

Ada baiknya kalian melakukan riset terlebih dahulu, bisa di internet, untuk memahami sedikit tempat yang akan menjadi destinasi wisata kalian agar tidak kecewa jika tempatnya tidak yang seperti kalian bayangkan dan beberapa manfaat baik dari liburan justru tidak didapat. Selagi masih muda, kunjungilah banyak tempat!

0 Comments